1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Kampanye anti korupsi, KPK selenggarakan road show bus KPK di Semarang

Sesuai rencana, roadshow bus KPK akan berlangsung mulai tanggal 11 sampai dengan 14 Oktober 2018.

Roadshow Bus KPK. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Selasa, 09 Oktober 2018 17:21

Merdeka.com, Semarang - Dalam rangka mengajak keterlibatan masyarakat dalam gerakan pemberantasan korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyelenggarakan Program Kampanye Antikorupsi. Cara yang dilakukan KPK pun cukup unik, yakni menggelar road show dengan membawa bus KPK.

Kegiatan tersebut merupakan serangkaian kegiatan penyadaran publik dan peningkatan partisipasi publik untuk kolektif dan berkolaborasi dalam memberantas korupsi. Kegiatan kampanye itu menargetkan sasaran masyarakat umum, yang terdiri atas pelajar, guru, mahasiswa, dosen, aparat pemerintah, komunitas, dan juga masyarakat umum.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama KPK dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Sesuai rencana, roadshow bus KPK akan berlangsung mulai tanggal 11 sampai dengan 14 Oktober 2018 mendatang.

Bus KPK itu nantinya akan berkeliling ke sejumlah titik yang ada di Kota Semarang. Antara lain Kantor Pemerintah Kota Semarang, Kampus Universitas Diponegoro dan juga area Car Free Day di Kawasan Simpang Lima.

Acara itu sendiri akan dibuka secara langsung oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada hari Kamis (11/10) di Halaman Balai Kota Semarang, Jalan Pemuda dengan didampingi pimpinan KPK.

Setelah acara pembukaan, di hari yang sama akan diadakan roadshow berbentuk stadium general atau kuliah umum di Kampus Universitas Diponegoro. Stadium general tersebut diperuntukkan khusus bagi mahasiswa yang ingin menambah ilmu dan pengetahuan tentang KPK beserta seluk beluknya, seperti program dan kegiatan KPK.

Pada hari kedua dan ketiga, road show akan diselenggarakan di Kantor Pemerintah Kota Semarang. Di sini akan ada kegiatan bagi siswa TK berupa mendongeng antikorupsi, playday boardgames antikorupsi (Keranjang Bolong), dan nonton Bareng Film Si Kumbi Anak Jujur dan Sahabat Pemberani. Kemudian untuk siswa SD, akan ada acara playday boardgames antikorupsi (Sahabat Pemberani, Terajana), nonton bareng Film Sahabat Pemberani, dan simulasi penyidik cilik.

Untuk siswa SMP, diadakan kegiatan sosialisasi di Bus, Nonton bareng film KPK, playday boardgame (Terajana dan PDKT), dan Pentas seni. Ada juga acara untuk siswa SMA, antara lain Sosialiasi di Bus, Nonton bareng film KPK, dan playday boardgames (Terjana dan PDKT).

Di hari terakhir roadshow (Minggu, 14/10), acara akan diadakan di Car Free Day Kawasan Simpang Lima Semarang. Di dalam roadshow, akan ada beberapa kegiatan antara lain games dan interaktif, playday boardgames, dan pembagian merchadise.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Semarang, Wing Wiyarso dalam keterangannya mengajak dan mengimbau kepada seluruh warga Kota Semarang untuk bergabung dan menyaksikan acara ini.

"Melalui roadshow bus KPK ini, kami harapkan masyarakat jadi lebih paham dan mengetahui tentang segala sesuatu terkait KPK dan upaya pemberantasan korupsi. Dengan demikian, semangat untuk bersama-sama mencegah dan memberantas korupsi akan terus tumbuh dalam diri seluruh lapisan masyarakat," ujar Wing.

Dalam acara tersebut, lanjut dia, masyarakat bisa berinteraksi langsung dengan KPK dan mendapatkan pengetahuan baru tentang antikorupsi. Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan merchandise menarik dari KPK.

"Untuk mengikuti acara ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis," tambahnya. Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengunjungi website http://acch.kpk.go.id/roadshow-bus-kpk atau dapat mengunjungi akun Instagram roadshow_bus_kpk.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA