1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Unik, Pemkot Semarang buat zebracross berbentuk ikan bandeng

"Memang sengaja kami buat seperti itu. Kami memiliki program membuat zebracross tematik di sejumlah ruas jalan protokol Kota Semarang."

Zebracross berbentuk seperti ikan bandeng. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Kamis, 11 Januari 2018 16:58

Merdeka.com, Semarang - Zebracross biasanya hanya berbentuk garis putih putus-putus lurus. Namun berbeda di Kota Semarang tepatnya di Jalan Pandanaran, di lokasi itu zebracross dibuat sangat unik dan berbentuk seperti seekor ikan bandeng.

Pantauan di lapangan, zebracross yang terletak di depan pusat oleh-oleh khas Kota Semarang itu memang berbentuk seperti ikan. Meski masih menggunakan garis putih putus-putus, namun zebracross tersebut dilengkapi dengan gambar kepala dan ekor serta sirip menyerupai ikan bandeng.

Ternyata, gambar seperti ikan pada zebracross tersebut bukanlah aksi dari tangan-tangan jahil atau vandalisme. Namun, zebracross itu memang sengaja dibuat oleh Pemkot Semarang sebagai proyek zebracross tematik kota itu.

"Memang sengaja kami buat seperti itu. Kami memiliki program membuat zebracross tematik di sejumlah ruas jalan protokol Kota Semarang. Saat ini baru kami mulai di Jalan Pandanaran," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, M Khadik, Kamis (11/1).

Khadik menambahkan, selain memiliki sisi keunikan dan memperindah jalanan Kota Semarang, pembuatan zebracross tematik tersebut juga memiliki tujuan sebagai upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menyeberang jalan pada tempatnya. "Tentu tujuan utama adalah untuk memacu kesadaran masyarakat pengguna jalan agar lebih tertib dan mau menggunakan zebracross yang disediakan," imbuhnya.

Khadik menambahkan, selain di Jalan Pandanaran, zebracross tematik lanjut dia akan dibuat di jalan-jalan protokol lainnya. Namun terkait gambar dan bentuknya, nanti akan disesuaikan dengan ikon jalan di masing-masing lokasi itu.

"Nanti akan kami perbanyak zebracross tematik ini, seperti di Jalan Gajahmada, Kawasan Tugumuda, Jalan Pemuda dan jalan lainnya. Gambarnya nanti disesuaikan dengan tema dan ikon jalan tersebut," bebernya.

Salah satu pengguna jalan, Nurul Khotimah,26, mengaku setuju dengan pembuatan zebracross tematik itu. Menurutnya, hal itu akan membuat jalanan Kota Semarang semakin indah dan membuat pejalan kaki menjadi lebih nyaman. "Tentu sangat senang, akan membuat jalanan semakin indah dan tidak membosankan," kata dia.

Nurul mengaku awalnya tidak sadar bahwa zebracross di Jalan Pandanaran berbentuk seperti ikan bandeng. Namun setelah diamati dengan seksama, dia lantas menyadari bahwa ada yang lain dengan zebracross itu. "Menarik sekali, ini sangat kreatif dan bisa menjadi contoh kota-kota lainnya," ungkapnya.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Infrastruktur
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA