1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Gedung Parkir Kawasan Oleh-oleh Pandanaran Ditarget Rampung September

"Maka pembangunan tempat parkir ini saya rasa menjadi solusi pengembangan kawasan oleh-oleh Pandanaran,"

Wali Kota Hendi saat kegiatan seremonial topping off pembangunan gedung parkir Pandanaran Kota Semarang, Senin (1/4).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Senin, 01 April 2019 18:14

Merdeka.com, Semarang - Pembangunan gedung parkir di kawasan oleh-oleh Pandanaran Kota Semarang yang menjadi satu dengan Gedung Dinas Kesehatan Kota Semarang memasuki tahap topping off. Gedung 10 lantai yang dibangun oleh Pemerintah Kota Semarang itu ditargetkan selesai pada September tahun ini.

Gedung parkir tersebut diyakini sebagai sebuah pembangunan monumental. Pasalnya, dengan perkembangan sektor pariwisata Kota Semarang yang pesat, Pemkot Semarang dituntut mampu memberikan solusi atas kebutuhan lahan parkir di sentra pusat oleh-oleh tersebut.

Adapun area parkir di gedung tersebut akan dibagi dalam dua area, yaitu area parkir lantai dasar dan area parkir lantai 3 hingga 7. Setiap lantai memiliki kapasitas 150 kendaraan, baik mobil dan motor. Dengan demikian secara total gedung parkir tersebut dapat menampung sekitar 900 kendaraan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang hadir dalam kegiatan seremonial topping off pada Senin (1/4) mengatakan, pada periode tahun 2011 dirinya mengamati jika pusat oleh-oleh Pandanaran di Kota Semarang dapat menjadi salah satu titik pengembangan kota yang paling dilematis.

"Karena sebagai kawasan emas Kota Semarang dengan potensi perputaran ekonomi tinggi, kawasan Pandanaran berada pada jalan protokol yang akan dikeluhkan masyarakat jika terjadi kemacetan," kata dia.

Benar saja, seiring dengan perkembangan sektor pariwisata Kota Semarang, wisatawan yang berbelanja oleh-oleh di kawasan Pandanaran itu pun semakin membludak. Sehingga, hal itu menimbulkan dampak kemacetan karena banyaknya kendaraan parkir di bahu jalan.

“Di satu sisi ekonomi memang tumbuh dengan baik, tapi sisi lain warga jadi terganggu. Maka pembangunan tempat parkir ini saya rasa menjadi solusi pengembangan kawasan oleh-oleh Pandanaran," tegas Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut.

Ke depan, lanjut dia, gedung parkir Pandanaran ke depan dapat langsung tersambung ke titik pusat oleh-oleh di kawasan tersebut melalui sebuah sky bridge. Nantinya, pengunjung yang mengakses kawasan pusat oleh-oleh dari gedung parkir juga akan difasilitasi lift untuk mempermudah.

Dari 10 lantai yang terdapat pada gedung parkir Pandanaran tersebut, lantai 1 dan 2 akan digunakan sebagai Puskesmas Pandanaran. "Sedangkan lantai 8 hingga 10 akan difungsikan kan sebagai Kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang," ungkapnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Infrastruktur
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA