1. HOME
  2. PARIWISATA

Pacu adrenalin, keliling Waduk Jatibarang pakai speedboat bikin seru

"Lokasinya bagus banget, seperti di Bali, tapi ini di Semarang,"

Wahana speed boat di Waduk Jatibarang yang dapat dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Minggu, 25 Februari 2018 15:51

Merdeka.com, Semarang - Kota Semarang tidak hanya terkenal dengan wisata kuliner dan sejarahnya. Di kota ini, banyak pula destinasi wisata alam yang indah dan patut anda coba. Salah satunya adalah destinasi wisata Waduk Jatibarang. Waduk buatan yang terletak di Desa Wisata Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang ini merupakan wisata alam favorit di Kota Lunpia ini.

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota membuat waduk buatan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya menikmati birunya air dan indahnya pemandangan waduk, wisatawan juga dapat memacu adrenalin dengan berkeliling waduk menggunakan speedboat yang ada di lokasi itu.

Adalah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Suko Makmur yang menginisiasi wisata perahu di lokasi itu. Terdapat puluhan speedboat yang dapat digunakan pengunjung untuk menikmati sensasi ngebut di atas air Waduk Jatibarang. "Awalnya hanya beberapa perahu saja, namun karena minat wisatawan tinggi, akhirnya kini banyak warga yang menekuni wisata perahu," kata Widodo, Sekertaris Pokdarwis Suko Makmur, Minggu (25/2).

Widodo menerangkan, untuk menikmati wisata perahu di lokasi itu, wisatawan hanya dipatok harga Rp100 ribu perperahu. Artinya, pengunjung dapat berkelompok dengan pengunjung lain atau dengan keluarga untuk menyewa satu speedboat. "Hitungan kami perperahu, jadi bukan perorang. Mau sedikit mau banyak penumpangnya, biayanya Rp100 ribu," terangnya.

Dengan Rp100 ribu tersebut, wisatawan akan diajak berkeliling waduk. Sesekali, pengemudi speedboat akan berhenti di tengah waduk dan mempersilakan pengunjung untuk berfoto selfie ria. Selain speedboat, di lokasi itu juga disediakan perahu kayu yang dapat dinaiki 8 orang penumpang. Perahu kayu tersebut dapat digunakan bagi yang takut menaiki speedboat. "Terkait keamanan, kami sudah memiliki standarnya, yakni setiap penumpang sudah mendapat asuransi dan wajib menggunakan pelampung. Selain itu, anggota kami juga telah diberikan pelatihan dan sudah ahli," tegasnya.

Widodo menerangkan, hampir setiap hari, wisata perahu di Waduk Jatibarang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan jika weekend atau hari libur nasional, lokasi itu selalu penuh sesak dengan wisatawan. "Kami beroperasi mulai pukul 06.30 WIB sampai pukul 17.30 WIB," terangnya.

Destinasi wisata perahu itu merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Mereka mengaku senang dengan wisata perahu di Waduk Jatibarang. "Lokasinya bagus banget, seperti di Bali, tapi ini di Semarang," kata Rista, 26, salah seorang pengunjung asal Bandung.

Rista mengatakan, wisata perahu Waduk Jatibarang merupakan sesuatu yang harus dicoba. Selain dapat menikmati alam, menaiki speedboat dengan kecepatan tinggi juga dapat memacu adrenalin dan membuatnya semakin semangat. "Lengkap sekali wisata Waduk Jatibarang ini, selain ada wisata alam, ada spot foto di atas awan, foto salju, bermain dengan ratusan kera dan ditambah wisata asyik mengelilingi waduk dengan speedboat. Luar biasa!" pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Ragam
KOMENTAR ANDA