1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Seru! Pemkot Semarang gelar lomba mancing di Kampung Pelangi

Selain sebagai acara rangkaian HUT Kota Semarang, lomba tersebut juga dimaksudkan untuk mempromosikan Kampung Pelangi

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melepaskan ikan master seberat 5 kilogram dalam acara lomba mancing di Kali Semarang Kawasan Kampung Pelangi, Jumat (20/4).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Jum'at, 20 April 2018 16:10

Merdeka.com, Semarang - Ratusan orang memenuhi Kali Semarang tepatnya di depan objek wisata Kampung Pelangi, Jumat (20/4). Satu persatu, mereka melemparkan joran untuk memancing ikan dalam acara lomba memancing yang dihelat Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

Sebanyak 2 kwintal ikan karper dilepaskan di sungai tersebut. Ikan terbesar seberat 5 kilogram yang merupakan ikan master dilepaskan secara simbolis oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Setelah ikan master dilepas, para peserta langsung melempar joran masing-masing untuk meraih tangkapan ikan sebanyak-banyaknya.

Wali Kota Hendrar Prihadi juga ikut dalam lomba memancing itu. Didampingi para pejabat di lingkungan Pemkot Semarang, Hendi, panggilan akrab Wali Kota Semarang itu rela berpanas-panasan di bibir sungai. Sayang, Wali Kota Hendi tidak berhasil menangkap ikan. "Meriah sekali, acara ini kami lakukan memang untuk memeriahkan hari ulang tahun Kota Semarang yang ke 471," kata Hendi.

Hendi menambahkan, pemilihan lokasi lomba memancing di kawasan Kampung Pelangi bukan tanpa alasan. Dengan kegiatan itu, diharapkan masyarakat akan semakin mengenal objek wisata baru di Kota Semarang itu.

"Selain itu, juga untuk mengkampanyekan kebersihan lingkungan kepada masyarakat setempat. Kami harap dengan telah dibangunnya kampung ini menjadi baik, masyarakat ikut menjaga kebersihan lingkungan termasuk sungainya," tambahnya.

Menurut Hendi, sudah setahun lebih pihaknya melakukan penataan di Kampung Pelangi. Selain berhasil menyulap kampung yang dulunya kumuh menjadi indah, pihaknya juga berhasil menyulap Pasar Bunga Kalisari menjadi lebih baik.

"Dan kami anggap ini sudah berhasil. Untuk itu, saya titip pesan kepada masyarakat untuk ikut menjaga lokasi ini agar tetap bersih, nyaman dan indah. Dengan begitu, maka wisatawan akan semakin banyak berkunjung dan perputaran ekonomi akan semakin cepat," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Semarang, I Made Gusti Agung mengatakan, untuk lomba memancing ini memang terdiri dari dua kelas, yakni untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat umum. "Para pemenang kami berikan hadiah berupa uang dan piala. Selain itu, kami juga memberikan sejumlah hadiah doorprize kepada peserta," kata dia.

Selain menggelar lomba memancing, dalam kesempatan itu Made mengatakan juga memberikan bantuan berupa alat pengolahan ikan kepada warga Kampung Pelangi. Dengan harapan, Warga Kampung Pelangi memiliki keterampilan dalam mengolah hasil budidaya ikan. "Nantinya kami juga akan berikan pendampingan dan pelatihan-pelatihan kepada warga. Harapanya mereka semakin berdaya guna dan mampu menambah pendapatan," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA