1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Rakernas Apeksi Jadi Momentum Sinergitas Tanpa Rivalitas

"Pemerintah kota saat ini tidak dapat berdiri sendiri dalam pembangunan kota, melainkan harus bergerak bersama stakeholder lainnya."

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama para wali kota peserta Rakerkomwil III APEKSI, Maret lalu. Foto/Dok Humas Pemkot Semarang.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Selasa, 02 Juli 2019 22:17

Merdeka.com, Semarang - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) sebagai organisasi strategis menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Tahun 2019 di Kota Semarang. Kegiatan tersebut dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari mulai 3-5 Juli 2019 dengan dihadiri oleh Pemerintah Kota seluruh Indonesia.

Penguatan alokasi anggaran pemerintah daerah, guna mendukung kemandirian daerah dalam rangka mengimplementasi pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia pun menjadi tema besar yang diangkat.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebagai tuan rumah penyelenggaraan menuturkan, tema besar tersebut dapat disikapi sebagai semangat untuk penguatan sinergitas stakeholder dalam pengembangan kota. Menurut wali kota yang akrab disapa Hendi itu, semangat penguatan alokasi anggaran dapat berdampak positif dalam merubah pola pikir formulasi penganggaran.

"Pemerintah kota saat ini tidak dapat berdiri sendiri dalam pembangunan kota, melainkan harus bergerak bersama stakeholder lainnya. Sehingga dengan adanya seluruh pemerintah kota berkumpul hari ini, kami bisa saling menginspirasi dan terinspirasi dari best practice di berbagai kota," ujar Hendi.

Maka dari itu, Hendi menekankan jika Rakernas Apeksi tersebut menjadi momentum penguatan sinergitas dan peleburan rivalitas antar pemerintah kota di Indonesia. "Sebagai satu kesatuan Indonesia, kolaborasi menjadi sangat penting, sehingga dalam Rakernas Apeksi saat ini, semangat kebersamaan menjadi salah satu yang penting untuk ditonjolkan dalam berbagai kegiatannya," terangnya.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo yang akan hadir untuk membuka Rakernas Apeksi 2019 berpesan kepada seluruh anggota Apeksi untuk terus mengawal dan mendukung pencapaian pembangunan dalam RPJMN.

"Apeksi juga harus berperan aktif mendorong anggotanya yang tersebar pada 93 daerah kota otonom dan 5 kota administratif, untuk segera mengambil langkah-langkah penyesuaian terhadap Rancangan RPJMN 2020-2025. Hal itu penting untuk penjabaran visi-misi RPJAM 2020-2025 ke dalam rancangan perubahan masing-masing RPJMD pemerintah kota, sehingga sinkronisasi pembangunan pusat-daerah berjalan dengan baik," paparnya.

Secara detail, Rakernas Apeksi 2019 di Kota Semarang juga akan membicarakan terkait strategi dana transfer daerah untuk mendukung profesionalitas dan kemandirian keuangan daerah. Selai itu, juga akan didiskusikan terkait dana kelurahan untuk penguatan pemerintah daerah dengan menghadirkan Wakil Menteri keuangan, serta Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dan Menteri PANRB, Syafruddin.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA