1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Pemberangkatan jamaah haji, warga diimbau hindari Jalan Abdurrahman Saleh

"Aktivitas lalu lintas pada saat pemberangkatan sementara akan dialihkan ke Jalan Untung Suropati."

Calon jamaah haji asal Kota Semarang mengumpulkan koper ke kantor Kemenag Kota Semarang, Jumat (3/8).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Jum'at, 03 Agustus 2018 15:57

Merdeka.com, Semarang - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan memberangkatkan calon jamaah haji tahun 2018. Rencananya, pemberangkatan jamaah haji ini akan dilaksanakan pada Minggu (5/8) dan Senin (6/8) dari Islamic Centre Manyaran Jalan Abdurrahman Saleh Semarang menuju Embarkasi Adi Soemarmo Solo.

Untuk tahun ini, jamaah haji asal Kota Semarang berjumlah 1.919 orang. Mereka terbagi dalam 6 kelompok terbang (kloter) yaitu kloter 68, 69, 70, 71, 72, dan 73 dengan masing-masing kloter berjumlah 360 jamaah haji.

Pada hari Minggu (5/8) diberangkatkan kloter 68 pada pukul 08.00 WIB dan kloter 69 pada pukul 10.00 WIB. Sedangkan pada hari Senin (6/8) akan diberangkatkan kloter 70 pada pukul 02.00 WIB, kloter 71 pukul 08.00 WIB, kloter 72 pada pukul 12.00 WIB, dan yang terakhir kloter 73 yang diberangkatkan pada pukul 15.00 WIB.

Melihat padatnya aktivitas di lokasi pemberangkatan calon jamaah haji tersebut, Plt. Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Semarang Agus Joko Triyono mengimbau agar warga masyarakat untuk sementara waktu dapat menghindari area pemberangkatan yaitu di Islamic Center dari arah Jalan Abdurrahman Saleh khususnya pada jam-jam pemberangkatan masing-masing kloter.

"Aktivitas lalu lintas pada saat pemberangkatan sementara akan dialihkan ke Jalan Untung Suropati. Apalagi pada hari kedua di mana merupakan hari sekolah, masyarakat diharapkan dapat menghindari area depan Islamic Center karena akan ada ribuan orang yang merupakan calon jamaah haji serta rombongan pengantar," kata dia, Jumat (3/8).

Agus menambahkan, dimungkinkan saat pemberangkatan berlangsung akan dilakukan upaya rekayasa lalulintas dengan cara penutupan jalan secara situasional. Hal itu dilakukan mengingat lokasi pemberangkatan dekat dengan kawasan sekolah, yaitu SMP Hj. Isriati dan juga SMP Negeri 19.

Ribuan calon jamaah haji asal Kota Semarang tersebut akan melalui rute perjalanan dari Islamic Center masuk gerbang tol Manyaran, keluar Bawen menuju Salatiga dan Boyolali hingga Donohudan Surakarta. "Pemberangkatan tersebut akan diamankan dan dikawal oleh tim gabungan dari Dishub, Satpol PP, Polsek, Polres, dan Koramil," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA