1. HOME
  2. PARIWISATA

Beberapa ruas jalan ditutup selama pelaksanaan Semarang Night Carnival 2018

Masyarakat diimbau mencari jalan alternatif selama gelaran tersebut berlangsung.

Denah lokasi penutupan jalan saat gelaran SNC 2018.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Kamis, 03 Mei 2018 16:54

Merdeka.com, Semarang - Event tahunan Semarang Night Carnival (SNC) 2018 akan digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Sabtu (5/5). Guna kelancaran acara tersebut, beberapa ruas jalan protokol akan ditutup mulai hari Jumat 4 Mei hingga Sabtu (5/5).

Pada hari Jumat (4/5) sepanjang Jalan Pemuda akan ditutup mulai pukul 23.00 WIB. Hal itu dilakukan karena panggung utama acara, tenda serta pendukung acara lainnya sudah harus terpasang. "Sementara pada hari H tepatnya Sabtu (5/5) mulai pukul 17.00 WIB hingga selesainya prosesi karnaval berlangsung, Jalan Imam Bonjol dan Jalan Pierre Tendean akan ditutup total," kata Plt Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Semarang, Agus Joko Triyono, Kamis (3/5).

Agus menambahkan, terkait penyelenggaraan event dan penutupan jalan tersebut, pihaknya mengimbau warga masyarakat yang akan melewati jalur-jalur protokol yang ditutup untuk sementara mencari alternatif jalan yang lain. “Kami juga mengajak warga masyarakat agar dapat menyaksikan gelaran SNC ini," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Semarang, Masdiana Safitri menuturkan event nasional ini nantinya juga akan diikuti beberapa daerah dari luar Semarang dan beberapa negara tetangga dengan total peserta lebih 800 orang.

“Beberapa perwakilan negara sahabat juga akan ikut tampil dalam SNC besok. Ada empat negara yaitu dari Senegal, Korea Selatan, India, dan Taiwan. Sedangkan peserta dari luar kota adalah Kabupaten Keerom (Papua), Kota Manado (Sulawesi Utara), Pemalang, Jepara, Grobogan, Salatiga, dan dua komunitas dari luar kota, yaitu Salatiga Iconic Costume serta Komunitas Pecinta Carnival," terang Masdiana.

Masdiana menambahkan, SNC 2018 ini mengangkat tema Kemilau Semarang. Dari tema tersebut, kemudian dijabarkan dalam empat sub tema yaitu Masquerade Gold (Batik Semarangan), Masquerade Silver (Art Deco), Masquerade Red (Kampung Pelangi), dan Masquerade Blue (Pantai).

Sementara untuk rute yang akan dilalui peserta SNC, nantinya akan melintasi sejumlah jalan, yaitu dari Balai Kota Semarang menuju Jalan Imam Bonjol-Jalan Pierre Tendean-Jalan Pemuda dan kembali ke Balai Kota.

Bagi warga masyarakat yang akan menyaksikan event tersebut, Dinas Perhubungan Kota Semarang telah menyiapkan beberapa kantong parkir untuk tamu undangan dan masyarakat umum. "Sementara untuk tamu undangan disediakan kantong parkir di DP Mall, sedangkan warga masyarakat bisa parkir di DP Mall, Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Kantor Inspektorat Provinsi Jawa Tengah, dan Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS)," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Ragam
  3. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA