1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Andalkan Jimpitan, PKK Purwoyoso Santuni Janda Lansia

"Ini merupakan arahan dari Bapak Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi untuk menciptakan program inovasi yang pro rakyat kecil,"

Santuni lansia dari jimpitan.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Kamis, 27 Juni 2019 19:55

Merdeka.com, Semarang - Ada program menarik yang diluncurkan oleh Kelurahan Purwoyoso dan PKK Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Program tersebut adalah program santunan janda kurang mampu dengan dana dari jimpitan setiap rumah warganya.

Lurah Purwoyoso, Patrick Bagus Yudhistira menerangkan, program tersebut nantinya akan berjalan dengan setiap rumah di kelurahannya akan ditarik iuran Rp500 setiap bulan.

Dana tersebut akan dikumpulkan dan akan dibelanjakan dalam bentuk sembako senilai Rp50.000. Kemudian, sembako itu akan dibagikan kepada janda lansia kurang mampu setiap sebulan sekali.

"Ini merupakan arahan dari Bapak Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi untuk menciptakan program inovasi yang pro rakyat kecil," katanya usai peluncuran di kantor Kelurahan Purwoyoso, Kamis (27/6).

Bagus menerangkan, teknisnya nanti setiap arisan PKK anggota iuran Rp500. Kemudian nanti dikumpulkan berjenjang dan dikelola PKK inti Kelurahan Purwoyoso. "Nantinya bukan hanya untuk sembako saja, tapi juga bisa digunakan untuk kegiatan lain," paparnya.

Dia memastikan, dana yang dikumpulkan tersebut transparan. Karena akan ada laporan keuangan yang akan ditempelkan di kantor kelurahan sehingga masyarakat bisa ikut mengawasinya.

Dalam acara tersebut secara simbolis diikuti 42 janda kurang mampu. Adapun di wilayahnya ada sekitar 250 janda kurang mampu yang tersebar di 14 RW dan 97 RT.

"Kami berharap dengan adanya himpunan dana ini bisa membantu janda kurang mampu terutama mereka yang sudah lansia meringankan kebutuhan mereka. Untuk datanya kita tentu saja mengacu Basis Data Terpadu (BDT) dan masih akan disurvei tim PKK jika ada yang belum masuk dalam daya warga kurang mampu," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kelurahan Purwoyoso, Sugiharti menerangkan, semua rumah yang berada di Kelurahan Purwoyoso akan ditarik iuran Rp500 setiap bulan. Dana tersebut akan dihimpun untuk dibelanjakan sembako yang kemudian dibagikan kepada janda lansia kurang mampu. "Kami akan terus menggelar kegiatan semacam ini untuk membantu para lansia yang ada di Kelurahan," ucapnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Bantuan
KOMENTAR ANDA