1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

LIPI: Banyak Orang Ingin Pindah ke Semarang

"Pantas banyak yang ingin pindah ke Semarang,"

Wali Kota Hendi memberi paparan di hadapan para dewan juri Indonesia's Attractiveness Award, Kamis (27/6).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Kamis, 27 Juni 2019 20:59

Merdeka.com, Semarang - Setelah meraih penghargaan Indonesia's Attractiveness Award sebagai salah satu kota terbaik Indonesia kategori infrastruktur di tahun 2018, Kota Semarang juga masuk dalam nominasi peraih penghargaan pada ajang yang sama di tahun ini.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi pun kembali didapuk untuk bisa memaparkan tentang perkembangan kota yang dipimpinnya. Bertempat di Ruang Tempo Coworking Space, Jakarta, Kamis (27/6).

Dalam kesempatan itu, hadir sejumlah tokoh sebagai tim juri diantaranya Bambang Harymurti (Tempo), Handi Irawan (Frontier), Carunia Mulya Firdausy (LIPI), dan Martani Huseini (UI).

Dalam paparannya, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut menegaskan bahwa Kota Semarang sekarang tak hanya membangun infrastruktur fisik.

"Pembangunan infrastruktur kami lakukan dalam konteks mengubah kegiatan ekonomi di Kota Semarang, dari industri ke perdagangan dan jasa. Untuk itu Kota Semarang mengupayakan peningkatan daya tarik kota, karena sektor wisata menjadi trigger kami untuk memacu aktivitas perdagangan dan jasa," kata dia.

Hendi juga meyakinkan bahwa komitmen Pemkot Semarang untuk selalu menjadikan kesejahteraan masyarakat sebagai visi pembangunan. "Maka kami juga upayakan berbagai infrastruktur non fisik, di antaranya infrastruktur permodalan dan pengembangan UMKM. Salah satunya melalui program Kredit Wibawa dengan bunga hanya 3% per tahun," lanjutnya.

Sementara itu, salah satu juri, Handi Irawan dari Frontier Consulting Group mengamini upaya Hendi untuk tidak hanya membangun infrastruktur sebatas fisik. "Infrastruktur memang tidak hanya fisik, infrastruktur digital juga harus dibangun, tapi yang menjadi PR, apakah kemudian pembangunannya bisa sustain (sustainable/berkelanjutan)," kata Handi.

Di sisi lain, Carunia Mulya Firdausy perwakilan LIPI secara khusus mengapresiasi visi pengembangan kota yang dipimpin Hendi, dengan menggeser kegiatan ekonomi ke pariwisata. Dirinya bahkan menegaskan, karena perkembangan yang pesat itu membuat banyak orang yang ingin pindah ke Semarang. "Pantas banyak yang ingin pindah ke Semarang," selorohnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Kebijakan Publik
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA