1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Festival Ngopi Bareng KAI jilid dua kembali digelar, ini dia tanggalnya

"Kegiatan ini merupakan wujud dukungan KAI untuk memperkenalkan kopi lokal Indonesia."

Penumpang kereta memperoleh kopi gratis pada Festival Ngopi Bareng KAI. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Senin, 10 September 2018 16:58

Merdeka.com, Semarang - Setelah sukses menggelar Festival Ngopi Bareng KAI di awal tahun 2018 lalu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IV Semarang kembali menggelar acara serupa. Kegiatan bertajuk 'Ngopi Bareng KAI#2 - Enjoy Your Journey With Indonesian Coffee' tersebut dihelat selama dua hari yaitu Senin-Selasa, 10-11 September 2018.

Manager Humas PT KAI Daop IV Semarang, Suprapto menerangkan, pada gelaran acara hari ini, pihaknya telah membagikan sebanyak 5.000 cup kopi secara gratis kepada penumpang sejumlah kereta api di Stasiun Tawang Semarang. "Selain di atas kereta api, kami juga membagikan kopi secara gratis kepada para penumpang yang ada di kawasan Stasiun Semarang Tawang," ujar dia, Senin (10/9).

Untuk selanjutnya, pada hari Selasa (11/9), pihaknya akan membagikan kopi gratis kepada para penumpang di Stasiun Semarang Tawang mulai dari jam 10:00 WIB sampai dengan 20:00 WIB.

"Kami berharap dengan kegiatan ini, dapat meningkatkan pelayanan kepada para penumpang KA, sekaligus memasyarakatkan budaya ngopi di kalangan masyarakat Indonesia. Sehingga, dengan peningkatkan konsumsi kopi tersebut, bisa meningkatkan kesejahteraan petani Kopi Indonesia," tukasnya.

Acara Ngopi Bareng tersebut merupakan kegiatan yang digelar secara serentak di 15 Stasiun secara nasional. Acara dibuka oleh Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro, di Loko Cafe (area Stasiun Yogyakarta). Untuk menyelenggarakan acara tersebut, KAI bekerja sama dengan Komunitas Kopi Nusantara.

"Kegiatan ini merupakan wujud dukungan KAI untuk memperkenalkan kopi lokal Indonesia. Diharapkan dengan kegiatan ini, dapat memberikan edukasi serta wawasan seputar kopi di Nusantara sehingga mampu meningkatkan daya saing kopi asli Indonesia di masyarakat luas," kata Edi.

Dalam acara tersebut, masyarakat dan pengguna jasa KA dapat menikmati kopi gratis yang KAI siapkan sebanyak total 50.000 cup di 15 stasiun di 12 kota dan di 36 nama KA. Kelima belas stasiun tersebut adalah Stasiun Gambir, Pasarsenen, Bandung, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Solo Balapan, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Madiun, Malang, dan Jember.

Banyaknya jumlah kopi yang KAI sajikan untuk masyarakat mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan predikat sebagai "Pemrakarsa dan Penyelenggaraan Pembagian Kopi Terbanyak di Kereta Api dan Stasiun." Untuk itu, MURI menyerahkan piagam penghargaan kepada KAI di kawasan Pintu Selatan Stasiun Tugu Yogyakarta dalam rangkaian acara pembukaan tersebut. Di samping itu, untuk memeriahkan acara, KAI juga menghadirkan penyanyi Cita Citata di tempat yang sama.

Untuk menyuguhkan kopi gratis di stasiun dan kereta api, KAI merangkul 200 barista lokal profesional yang meramu dan menyuguhkan kopi gratis kepada para pecinta kopi di stasiun dan di kereta api jarak jauh dan menengah. Masyarakat dan pengguna jasa KA yang ingin mendapatkan kopi gratis ini cukup menunjukkan aplikasi KAI Access yang sudah terinstal dan terdaftar di ponselnya kepada petugas di area festival di stasiun dan di kereta api.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Peristiwa
  2. Ragam
KOMENTAR ANDA