1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Hendi ajak masyarakat kawal dan amankan Pancasila

"Pesan saya kepada masyarakat, persoalan mengenai dasar negara kita Pancasila ini sudah melewati tantangan, cobaan yang luar biasa."

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memimpin upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila, Senin (1/10).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Senin, 01 Oktober 2018 16:58

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menegaskan jika Pancasila sebagai dasar negara adalah mutlak dan tidak perlu diperdebatkan lagi.

Hal itu disampaikan Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi saat memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kota Semarang di Halaman Balai Kota Jalan Pemuda, Semarang Senin (1/10). "Tidak perlu ada lagi perdebatan, Pancasila itu adalah dasar negara Republik Indonesia," tegas dia.

Untuk itu, Hendi menjelaskan jika kegiatan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan wujud dharma bhakti terhadap saktinya Pancasila.

"Dasar negara Indonesia tidak lain ya Pancasila. Dan pada hari ini, kita memperingati hari kesaktian Pancasila sebagai wujud dharma bhakti kita kepada Pancasila dan Negara Indonesia," lanjutnya.  

Hendi menegaskan, sejarah kelam tentang G30S/PKI atau Gerakan 30 September merupakan bukti jika dasar negara Pancasila pernah dirongrong oleh paham dan keyakinan lain, namun tidak berhasil.

Meskipun dalam kejadian itu, sampai memunculkan korban tujuh perwira yang diculik oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang akan mengganti Pancasila sebagai satu-satunya dasar negara Indonesia.

"Kita punya sejarah bangsa yang cukup kelam pada tanggal 30 September lalu, dimana ada tujuh Jenderal yang diculik oleh pihak yang ingin merongrong dasar negara Pancasila. Tapi Alhamdulillah, sejarah juga mengatakan bahwa Pancasila hari ini tetap kokoh dari dulu sampai sekarang," tegasnya.

Sehingga, Hendi berharap, dengan bukti sejarah kokohnya dasar negara Pancasila, maka sampai hari ini pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mengawal dan mengamankan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia.

"Pesan saya kepada masyarakat, persoalan mengenai dasar negara kita Pancasila ini sudah melewati tantangan, cobaan yang luar biasa. Jadi, hari ini kita bersikukuh dan berkomitmen untuk mengawal Pancasila sebagai dasar negara," ajak Wali Kota.

Dalam kesempatan yang sama, Hendi juga berpesan khusus kepada generasi milenial supaya mengetahui sejarah lahirnya Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Hal itu penting agar nantinya akan timbul rasa cinta dan rasa bangga terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Muaranya anak-anak muda tidak mudah dipengaruhi oleh paham atau aliran tertentu yang sengaja mendiskreditkan Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat ini," tambahnya.

Hendi mengungkapkan, banyak cara untuk mengetahui sejarah bangsa ini, baik melalui internet, sosial media (sosmed) atau bertanya dan meminta masukan kepada pelaku sejarah, guru, maupun para senior dan sesepuh bangsa ini.

"Gampang kok, tinggal browsing saja di google atau minta masukan pada sesepuh-sesepuh dan senior-senior tentang perjalanan bangsa ini," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA