1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Pelaksanaan MXGP semakin dekat, Wali Kota Hendi pastikan pembangunan sirkuit lancar

"Sampai saat ini sudah mencapai 50% dan nanti sebelum Greg terbang ke Slovakia, dia akan melakukan marking area,"

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama Greg Paul, arsitek sirkuit motocross saat meninjau proses pembangunan sirkuit motocross di BSB Mijen, Jumat (1/6).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Jum'at, 01 Juni 2018 17:26

Merdeka.com, Semarang - Kota Semarang terus bersiap menjadi tuan rumah gelaran kompetisi motocross internasional MXGP seri ke-13. Berbagai persiapan termasuk pembangunan sirkuit serta infrastruktur pendukung lainnya terus dikebut.

Event internasional tersebut akan digelar pada 7-8 Juni 2018 nanti. Semakin dekatnya waktu pelaksanan, membuat Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi kian aktif mengecek kesiapan sarana dan prasarana event yang diprediksi menyedot 100.000 wisatawan ke Kota Semarang itu.

Beberapa hari terakhir juga, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu terus meninjau proses pembangunan sirkuit motocross Kota Semarang di kawasan Bukit Semarang Baru (BSB) Mijen, Semarang. Dirinya pun aktif berkomunikasi dengan Greg Paul, seorang arsitek sirkuit motocross asal Inggris yang membantu Kota Semarang dalam mendesain sirkuit internasional untuk digunakan dalam gelaran MXGP nanti.

Pada Jumat (1/6), sama-sama menggunakan kemeja putih berlogo Pemerintah Kota Semarang dan MXGP, Hendi dan Greg Paul beriringan berjalan kaki menelusuri area sirkuit yang luasnya sekitar 20 hektare tersebut. Greg sendiri dijadwalkan berada di Kota Semarang hingga Senin (4/6) untuk kemudian berpindah menangani project serupa di Slovakia.

Dalam kesempatan itu, Hendi menuturkan jika sirkuit motocross berstandart internasional di Kota Semarang tersebut telah terselesaikan setengahnya. "Sampai saat ini sudah mencapai 50% dan nanti sebelum Greg terbang ke Slovakia, dia akan melakukan marking area, sehingga sedulur-sedulur di lapangan tinggal meneruskan," jelas politisi PDI Perjuangan tersebut.

Untuk pembangunan sirkuit, lanjut Hendi, sebelum Lebaran ditargetkan sudah selesai. Sedangkan untuk infrastruktur pendukung lainnya akan dikejar untuk dimaksimalkan sampai waktu pelaksanaan. "Tadi Greg juga meminta ada tulisan 'SEMARANG' yang besar serta diminta membangun suasana kearifan lokal. Untuk itu rencananya kita akan tanam pohon pisang di sekitar lintasan," tukasnya.

Sementara itu, Greg Paul selaku arsitek pembangunan sirkuit MXGP mengatakan jika sirkuit yang dirancangnya di Kota Semarang itu berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya dia rancang. "Ini akan menjadi sangat istimewa yang sebelumnya tidak akan pernah dilihat di tempat lain. Di Semarang kita membangun sirkuit dengan spesifikasi lebih tinggi dibanding lainnya," ucapnya.

Greg pun berencana akan memberikan berbagai elemen-elemen khas Kota Semarang dalam lintasan sirkuit yang ada di Kota Semarang tersebut.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Olahraga
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA