1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Tingkatkan kompetensi SDM, Pemkot Semarang gandeng Pemkot Brisbane

"Hari ini kami capai kesepakatan dulu agar Brisbane lebih membuka diri lagi untuk sharing knowledge, selanjutnya baru akan ditajamkan kembali."

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wali Kota Brisbane, Australia, Graham Quirk melakukan penandatanganan kerjasama di Brisbane City Hall Office, Brisbane, Australia, Minggu (26/8).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Minggu, 26 Agustus 2018 15:30

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bersama Wali Kota Brisbane, Australia, Graham Quirk secara resmi melakukan penandatangan kerja sama dalam berbagai bidang. Salah satunya terkait upaya peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di Kota Semarang.

Penandatangan kerjasama yang dilaksanakan di Brisbane City Hall Office, Brisbane, Australia pada Minggu (26/8) tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dan Brisbane.

Adapun kerjasama antara Kota Semarang dan Brisbane, Australia itu akan berlangsung selama lima tahun. "Senang melihat kita akan terikat dalam sebuah kerjasama yang penting dalam lima tahun ke depan. Maka dari itu, saya pun mengundang Pemerintah Kota Semarang agar bisa datang kembali ke Brisbane untuk mengikuti kegiatan Asia Pacific Cities Summit di tahun depan," kata Quirk.

Brisbane sendiri, merupakan salah satu kota pendidikan terbaik yang dapat mendukung peningkatan SDM Kota Semarang. Ibu kota negara bagian Queensland, Australia tersebut memiliki universitas yang masuk dalam ranking 50 universitas terbaik di dunia, yaitu University Of Queensland.

Selain itu, juga terdapat universitas-universitas besar lainnya seperti Queensland University of Technology, Griffith University, serta James Cook University yang menjadi bagian dari 300 universitas terbaik di dunia.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyebutkan banyak faktor yang membuatnya kemudian menggaet Brisbane untuk secara serius mengupayakan kompetensi SDM di Kota Semarang.

Wali Kota Semarang yang juga akrab disapa Hendi tersebut menegaskan, tidak dapat dipungkiri bila dalam upaya peningkatan sumber daya manusia, Brisbane saat ini telah menjadi salah satu kota favorit tujuan para pelajar dari Indonesia, termasuk Kota Semarang.

"Saya rasa bila dibandingkan dengan kota-kota pendidikan terbaik lainnya di dunia, Brisbane menawarkan biaya hidup sehari-hari yang relatif paling murah. Selain itu juga di Brisbane terdapat fasilitas mumpuni seperti yang terdapat di Queensland Institute of Medical Research, Queensland Bioscience Precinct, dan Australian Institute of Health and Biomedical Innovation," beber Hendi.

Dengan adanya kerjasama itu, Hendi berharap dapat mendorong kompetensi warga Kota Semarang dalam menjalankan konsep pembangunan bergerak bersama. Terkait bentuk kegiatan dari kerjasama tersebut yang akan dilakukan, baik Hendi maupun Quirk belum memberikan penjelasan secara rinci.

"Hari ini kami capai kesepakatan dulu agar Brisbane lebih membuka diri lagi untuk sharing knowledge, selanjutnya baru akan ditajamkan kembali. Apakah itu terkait kemudahan visa, apakah itu terkait fasilitas khusus untuk pelajar dari Kota Semarang, atau yang lainnya, akan dibicarakan lebih lanjut secara detail," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA