1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Cari tahu info haji dan umroh? Datang saja ke Amphuri Islamic Travel Expo 2018

"Misinya supaya calon jamaah umroh dan haji tidak salah dalam memilih biro perjalanan umroh dan hajinya,"

Para pemilik biro haji dan umroh mengikuti pemaparan terkait pelaksanaan Amphuri Islamic Travel Expo 2018 yang akan digelar di Paragon Mall Semarang, 20-22 Juli mendatang.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Senin, 09 Juli 2018 17:36

Merdeka.com, Semarang - Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) Jateng-DIY akan menggelar pameran haji dan umroh. Kegiatan bertajuk Amphuri Islamic Travel Expo 2018 (AITE) tersebut rencananya akan digelar di Paragon Mall Semarang pada 20-22 Juli mendatang.

Ketua Amphuri Jateng-DIY, Endro Dwi Cahyono mengatakan, pameran tersebut akan menjadi pameran wisata Islami, umroh dan haji terbesar di Jawa Tengah. "Selain biro penyelenggara haji dan umroh, dalam pameran itu juga akan dimeriahkan toko yang menjual sejumlah perlengkapan haji dan umroh, pihak asuransi dan sebagainya," kata Endro, Senin (9/7).

Pada kegiatan yang dikerjasamakan dengan Bank Jateng Syariah tersebut, pihaknya menyiapkan sebanyak 45 booth. Tidak hanya berasal dari Semarang dan Jawa Tengah, nantinya biro haji dan umroh nasional juga akan turut serta. "Misinya supaya calon jamaah umroh dan haji tidak salah dalam memilih biro perjalanan umroh dan hajinya, mengingat selama ini banyak masyarakat yang tertipu biro haji dan umroh abal-abal," tegasnya.

Dia memastikan, biro haji dan umroh yang mengikuti pameran itu adalah biro haji yang amanah. Pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap biro haji dan umroh yang ikut tersebut untuk mengetahui jejak rekamnya. "Kalau terbukti ada masalah, kami tolak. Alhamdulilah semua yang mendaftar adalah biro haji dan umroh yang amanah dan tidak pernah ada masalah," paparnya.

Pada pameran itu, lanjut dia, pihaknya menargetkan terjadi transaksi sebesar Rp 5 miliar. Selain itu, ada tiket promo dari Garuda Indonesia yang melayani pemberangkatan peserta haji dan umroh. "Jadi, nanti akan ada banyak promo haji dan umroh, karena adanya promo dari Garuda Indonesia itu. Jadi, umroh naik Garuda Indonesia, namun biayanya sangat ekonomis," bebernya.

Sementara itu, Kepala Subdivisi Dana dan Treasury Syariah Divisi Syariah Bank Jateng, Amrina Rosyada mengatakan, dirinya mendukung kegiatan Amphuri itu karena sejalan dengan bisnis Syariah yang dikembangkan perusahannya. "Kami ingin mendorong lebih pada sisi nyata. Pemerintah menghendaki syariah bisa bertumbuh lebih baik, kami menangkap peluang dalam pameran ini sehingga kami memberikan dukungan," ujarnya.

Amrina menambahkan, pameran itu juga dapat digunakan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa Bank Jateng memiliki Unit Usaha Syariah (UUS). Dan dalam waktu dekat, Bank Jateng Syariah juga akan membuat program pembiayaan bagi masyarakat yang ingin berangkat umroh. "Jadi, jamaah yang ingin berangkat umroh tidak usah pusing, karena adanya pembiayaan ini, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan untuk berangkat ke Tanah Suci," ungkapnya.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Peristiwa
KOMENTAR ANDA