1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Genjot Kunjungan Wisatawan, Hendi Inisiasi Event Sport Tourism

"Dengan begitu, diharapkan jumlah wisatawan di Kota Semarang dapat semakin meningkat, untuk mendorong perputaran ekonomi di kota ini,"

Wali Kota Hendi melepas ratusan peserta Tugu Muda Race Championship 2019, Minggu (23/6).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Minggu, 23 Juni 2019 19:14

Merdeka.com, Semarang - Tak kurang dari 1.069 pembalap sepeda dari berbagai daerah datang ke Kota Semarang, Minggu (23/6). Mereka secara khusus berkumpul untuk mengikuti ajang lomba balap sepeda Tugu Muda Race Championship 2019 di kawasan Banjir Kanal Barat.

Kegiatan tersebut tercatat diikuti oleh perwakilan atlet balap sepeda dari 19 provinsi di Indonesia. Tidak hanya menarik minat pembalap sepeda yang berasal dari dalam negeri saja, tercatat ada perwakilan dua negara luar yang juga berpartisipasi, yaitu Singapura dan Belanda. Mereka berlomba menjadi yang terbaik dan memperebutkan hadiah dengan nilai total sebesar Rp167,5 juta.

Tugu Muda Race Champioship 2019 sendiri merupakan salah satu agenda sport tourism yang diinisiasi untuk mendongkrak kunjungan wisata ke Kota Semarang. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meyakini, penyelenggaraan berbagai event nasional hingga internasional menjadi salah satu sarana efektif untuk menarik animo masyarakat.

"Dengan begitu, diharapkan jumlah wisatawan di Kota Semarang dapat semakin meningkat, untuk mendorong perputaran ekonomi di kota ini," kata dia saat membuka kegiatan tersebut.

Lomba balap sepeda ini, lanjut pria yang akrab disapa Hendi itu, tak hanya menjadi ajang olah raga saja, melainkan menjadi ajang wisata yang menyajikan Banjir Kanal Barat sebagai salah satu ikon wisata Kota Semarang.

"Untuk itu, kami berkomitmen terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan ke depannya, mulai dari panggung, pengisi acara dan seterusnya, sehingga bisa lebih menarik lagi," tegasnya.

Di sisi lain Hendi juga juga berharap, dengan semakin banyaknya event yang digelar, mampu mendukung perkembangan dunia olahraga di Kota Semarang. "Salah satunya, merangsang munculnya bibit-bibit atlet dari Kota Semarang yang mampu bersaing dengan atlet-atlet tingkat nasional maupun internasional," ucapnya.

Event Tugu Muda Race Championship 2019 berlangsung sukses dan berjalan dengan baik. Suasana kompetitif yang tercipta antar pembalap menjadi sajian yang sangat menarik.

20 kategori diperlombakan dalam ajang tersebut. Diantaranya Woman Pra Youth, Man Pra Youth, Woman Youth, Man Youth, Man Junior, Woman Open, Man Open, BMX KU A/PI, BMX KU A/PA, BMX KU B/PA dan PI, BMX KU C/ PA dan PI, TTT Master, Seli A Open, Master D, Master C, Seli B Lokal Semarang, Master B, dan Master A.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Olahraga
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA