1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Lewat Cucu Syekh Abdul Qadir Jailani, Hendi Jajaki Kerja Sama dengan Kota di Turki

Selain bidang olah raga, bidang lain yang rencananya akan dikerjasamakan adalah bidang pendidikan.

Wali Kota Hendi (dua dari kiri) berkunjung ke Turki.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Jum'at, 21 Juni 2019 17:34

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memenuhi undangan dari Prof. dr. Sayyidu Syarif Muhammad Fadhil Al-Hasanaini Al-Jailani, datang ke kediaman ulama besar itu di Turki. Tak sendiri, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu datang bersama sejumlah ulama untuk turut serta dalam delegasi Kota Semarang, di antaranya Gus Luqman, Gus Abdullah Munif Ma’ruf dan Kiai Mohammad Anshori Al Qadiri, baru-baru ini.

Kunjungan Hendi itu merupakan balasan setelah sebelumnya, cucu dari Syekh Abdul Qadir Jailani yang dekat dengan Hendi itu kerap berkunjung ke Semarang untuk kegiatan keagamaan. Diharapkan, kunjungan balasan itu dapat memperkuat tali silaturahmi yang sudah terjalin dengan keluarga Syekh Abdul Qadir Jailani.

Selaku tian rumah, Syekh Fadhil pada kesempatan tersebut juga mengatur pertemuan antara Hendi dengan Ilhan Unsal selaku Wali Kota Pendik, Istanbul, Turki. Pertemuan tersebut dirasa penting untuk dilakukan, guna menghasilkan kerja sama yang lebih strategis antara Kota Semarang, Jawa Tengah dan Pendik, Istanbul yang dilatarbelakangi banyaknya kesamaan karakteristik antara kedua kota itu.

Karenanya, Hendi ingin menjajaki peluang kerja sama yang dapat dilakukan dengan Kota Pendik. Sejumlah bidang kerja sama pun dilirik Hendi, salah satunya pada bidang olah raga, di mana industri sepak bola Pendik, Istanbul dirasa sudah mencapai taraf internasional. Karenanya, Hendi berkeinginan agar PSIS dapat melakukan tanding uji coba melawan tim sepakbola Instanbul.

“Istanbul memiliki klub-klub sepak bola yang sudah kondang, sebut saja Galatasaray, Fenerbahce, Besiktas. Jika kerja sama dengan Kota Pendik dalam olah raga berhasil terjalin dan diperluas, bukan tidak mungkin PSIS bisa bertanding dan belajar dari klub-klub tersebut. Kerja sama dengan kota-kota luar (negeri) memang kita upayakan ditingkatkan, agar kemudian dalam pengembangan Kota Semarang ada role model sebagai tolok ukurnya," ujarnya.

Selain bidang olah raga, bidang lain yang rencananya akan dikerjasamakan oleh kedua kota tersebut adalah bidang pendidikan. Selama ini Pemerintah Turki memberikan banyak bea siswa kepada pelajar Indonesia untuk dapat melanjutkan kuliah di Turki dan banyak pelajar Indonesia yang berada di Turki. Dengan kunjungan Hendi ke Turki, Wali Kota Pendik menginginkan untuk memperkuat kerja sama antar kota.

Kerja sama Kota Semarang dengan Kota Pendik turut disambut baik oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul, Toary Worang. Menurutnya, kerja sama tersebut sangat baik dan dirinya pun mendukung inisiasi Hendi untuk menjalin kerja sama antar dua kota besar ini.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA