1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Bekerja Tanpa Pamrih, Hendi Beri Penghargaan ke Agus Si Penyapu Jalan

"...Mas Agus ini wujud nyatanya dalam hal merawat lingkungan,"

Wali Kota Hendi berfoto bersama Agus, usai memberikan penghargaan atas dedikasinya menjaga kebersihan lingkungan.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Kamis, 29 Agustus 2019 19:25

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memberikan penghargaan kepada Agus Setyawan, warga RT8, RW6, Pancakarya, Kelurahan Rejosari, Semarang Timur. Penghargaan diberikan Hendi, sapaan akrab wali kota, kepada Agus atas kontribusinya dalam merawat kebersihan Kota Semarang.

Penghargaan pun langsung diberikan oleh Hendi kepada Agus di kantor Wali Kota Semarang, Kamis (29/8). Dalam kesempatan tersebut Hendi bercerita bahwa dirinya mendapatkan informasi jika setiap pagi usai salat Subuh, Agus selalu menyapu jalan di lingkungan tempat tinggalnya dan sekitar Masjid Baitul Makmur di Rejosari tanpa diminta. Setelah melakukan kegiatan bersih-bersih, dirinya kemudian berangkat untuk bekerja dengan mengendarai sepeda miliknya.

Sepulang kerja, Agus kembali menyapu jalan di sekitar masjid hingga maghrib. Usai mengerjakan salat Isya, Agus kembali menyapu halaman Masjid dan hal tersebut dilakukannya rutin setiap hari selama dua tahun.

“Saya harus memberikan apresiasi kepada Mas Agus supaya bisa dijadikan contoh buat masyarakat lainnya. Dan ketika selama ini kita ngomong bahwa pembangunan Kota Semarang konsepnya bergerak bersama, Mas Agus ini wujud nyatanya dalam hal merawat lingkungan. Jadi penghargaan ini penting, untuk membangun semangat kontribusi warga, karena kalau semuanya hanya mengandalkan pemerintah, sulit rasanya kota ini bisa maju," ujar Hendi.

Menurut Hendi, walaupun menurut orang lain apa yang dilakukan Agus tidaklah besar, tapi buat kota ini luar biasa. "Maka jangan berhenti. Mungkin hari ini baru menyapu, lain waktu panjenengan sudah sukses bisa berbuat yang lebih besar," tutur Hendi.

Dia berharap, seluruh warga Kota Semarang dapat membangun semangat bergerak bersama seperti yang dicontohkan oleh Agus. Ikut terlibat dalam pembangunan sesuai dengan keahlian dan kemampuannya.

“Jangan hanya pemerintah, ayo semuanya ikut terlibat. Tidak hanya membersihkan lingkungan, tetapi bisa dengan konteks lain, sumbang ide, sumbang pikiran atau kalau perusahaan lewat CSR itu merupakan bagian konsep Bergerak Bersama yang kita inginkan," pungkas Hendi.

Di sisi lain, Ketua RW6 Kelurahan Rejosari, Herjuno Putro yang ikut hadir menemani Agus menerima penghargaan, merasa senang dan bangga kepada Agus. Senada dengan Hendi, Herjuno juga berharap lebih banyak masyarakat yang mau dan bisa seperti Agus.

“Dalam keluarganya, Agus anak paling muda. Sebagai Ketua RW, saya merasa senang, nanti pasti banyak yang iri, tapi dalam arti yang bagus. Sehingga harapannya setelah ini banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk ikut berperan memajukan Kota Semarang," kata Herjuno.

Agus sendiri ketika ditanya tentang motivasinya dalam membersihkan lingkungan tanpa imbalan, mengatakan tidak memiliki motivasi apapun. "Supaya bersih saja. Alat buat bersih-bersihnya juga diberi oleh warga sekitar," ceritanya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA