1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

MXGP Semarang bakal jadi event motocross paling meriah di Asia

"Selain karena lokasinya yang dirancang sangat strategis, sirkuit juga didesain dengan indah..."

Wali Kota Hendi bersama Event Manager MXGP Andy Stein.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Senin, 02 Juli 2018 19:21

Merdeka.com, Semarang - Gelaran Motocross Internasional MXGP seri ke-13 di Semarang tinggal menghitung hari. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang terus memantapkan kesiapan dengan melakukan rapat persiapan terakhir bersama seluruh stakeholder.

Senin (2/7), Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi hadir langsung sebagai pimpinan rapat. Selain Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu, hadir pula Andy Stein selaku event manager MXGP seri ke-13, Kadarusman selaku Ketua IMI Jawa Tengah, Judiarto selaku Direktur PT Arena Sirkuit Internasional, serta Wali Kota Pangkal Pinang, Muhammad Irwansyah.

Muhammad Irwansyah sendiri hadir untuk menceritakan terkait gambaran kegiatan MXGP seri ke-12 yang sebelumnya telah berlangsung di Pangkal Pinang pada tanggal 29 Juni 2018 sampai 1 Juli 2018. "Di tempat kami kendalanya adalah terkait cuaca dan akomodasi, sehingga harapan saya Kota Semarang bisa lebih baik," kata dia.

Dia juga mengaku antusiasme masyarakat untuk menyaksikan MXGP Semarang sangat besar. "Infonya juga pembeli tiket MXGP yang melalui online, 90% lebih memilih menonton di Kota Semarang," tambahnya.

Besarnya animo masyarakat untuk menonton seri ke-13 MXGP Kota Semarang tersebut diprediksi membuatnya sebagai event motocross paling ramai penontonnya di Asia. Dan atas pertimbangan tersebut, Wali Kota Hendi berupaya untuk menambah jalur penjualan tiket MXGP seri ke-13 Kota Semarang baik secara offline dan online.

"Dalam sisa waktu sekitar lima hari, kami akan berusaha semaksimal mungkin melayani permintaan masyarakat yang antusias untuk menonton MXGP di Kota Semarang," katanya.

Penambahan jalur pembelian tiket itu, lanjut Hendi, sangat penting dilakukan. Panitia dapat bekerjasama dengan bandara, maskapai penerbangan, serta penyedia jasa pembelian tiket baik secara offline dan online. Tak hanya akan menjadi yang paling ramai, Hendi juga menjanjikan jika event MXGP seri ke-13 Kota Semarang akan menjadi yang terbaik di Asia.

"Selain karena lokasinya yang dirancang sangat strategis, sirkuit juga didesain dengan indah karena beberapa tingkungan juga akan dihiasai tanaman-tanaman khas daerah tropis seperti pohon pisang, yang membuat suasananya lebih menarik," tukasnya.

Hal senada disampaikan Event Manager MXGP, Andy Stein yang datang langsung dari Latvia. Dia menyebutkan jika gelaran MXGP seri ke-13 Kota Semarang akan menjadi sebuah event yang unik. "Ini akan menjadi Tropical Race (balapan bertema tropis) yang sangat indah. Kota Semarang juga sangat cantik. Minggu depan akan menjadi perlombaan balap yang sangat menyenangkan," ucapnya.

Event MXGP di Kota Semarang sendiri, kata dia, akan terbagi menjadi 3 hari, mulai tanggal 6 Juli 2018 hingga tanggal 8 Juli 2018. Di hari pertama penonton akan disajikan pertunjukan freestyler dunia yang berasal dari Belgia, Latvia, dan Afrika Selatan yang mulai pukul 15.00WIB.

Selain itu penonton juga akan dihibur oleh penampilan artis Indonesia seperti Andi /rif dan Boomerang. Penonton dapat mulai masuk ke arena sejak pukul 10.00WIB untuk melihat-lihat pameran motor pabrikan yang mengikuti event MXGP. Di hari kedua, akan diselenggarakan kualifikasi seri balapan nasional dan internasional mulai pukul 12.00WIB. Akan ada 60 pembalap nasional, serta 60 pembalap dunia dari 27 negara yang akan ambil bagian. Sedangkan untuk seri balapan utama MXGP akan disajikan pada hari ketiga.

Pemkot Semarang sendiri menyediakan sejumlah kantong parkir di luar arena penyelenggaraan bagi penonton MXGP seri ke-13 Kota Semarang yang membawa kendaraan pribadi. Tak perlu khawatir, Pemkot Semarang juga menyediakan shuttle bus untuk membawa penonton dari lokasi parkir ke arena utama.

Sedangkan untuk pra-event MXGP seri ke-13, Pemerintah Kota Semarang akan melakukan pawai keliling kota Semarang yang diikuti oleh tiga freestyler internasional dan tim balap Motocross Merah Putih pada tanggal 5 Juli 2018. Kegiatan pawai tersebut akan didahului dengan atraksi freestyle serta sesi foto bersama Tim Merah Putih pada pukul 15.00WIB di Balai Kota Semarang.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Olahraga
  3. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA