1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Pemkot Semarang gelar haul Habib Hasan Kamis besok

“Habib Hasan adalah tokoh besar yag masih menjadi mutiara terpendam di Kota Semarang."

Iswar Aminudin. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Rabu, 28 Februari 2018 17:53

Merdeka.com, Semarang - Pemerintah Kota Semarang akan menggelar haul Habib Hasan bin Thoha bin Yahya atau sering dikenal dengan Syekh Kramat Jati/Raden Tumenggung Sumodiningrat dan Senopati Agung Ing Mataram, Kamis (1/3) ini. Acara Haul Habib Hasan akan dilaksanakan di Kampung Reliji Mbah Kramat Jati Jalan Duku, Kelurahan Lamper Kidul.

Habib Hasan bin Thoha dikenal sebagai seorang pejuang dan ulama Kota Semarang, yang lahir dari pasangan Habib Thoha bin Muhammad al-Qadhi bin Yahya dengan Syarifah Fathimah binti Husain bin Abu Bakar bin Abdullah Al-Aydrus. Diantara perjuangan beliau adalah melawan penjajah dimulai dari Banten smpai Semarang, dan mengalahkan penjajah saat pertempuran di Pekalongan th 1206 H/ 1785 M.

Menurut Ketua Panitia penyelenggara Organizing Committee (OC), Iswar Aminudin, Singo Barong merupakan salah seorang ulama dan pejuang Kota Semarang. namun saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengenal sosok yang memiliki nama lain Syekh Kramat Jati.

“Habib Hasan adalah tokoh besar yag masih menjadi mutiara terpendam di Kota Semarang. Untuk itu kami mengangkat kisah beliau kepada masyarakat dengan menggelar haul,” terang Iswar, Rabu (28/2).

Haul ini, imbuhnya, merupakan bentuk nguri-nguri dan pemhaman terhadap sejarah perjuangan Habib Habib Hasan dalam melawan penjajah. Salah satu pertempuran besar yang dipimpin adalah saat mengalahkan penjajah saat pertempuran di Pekalongan tahun 1206 H/ 1785 M. “Harapannya masyarakat menjadi mengetahui sejarah perjuangan Habib Hasan bin Thoha bin Yahya . dan akan kami agendakan sebagai wisata religius," tambah dia.

Acara haul tersebut lanjut Iswar akan mengusung tema “Dengan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW dan Ilmunya Para Ulama akan Menjadikan Tumbuhnya Kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia Untuk Menuju Kesejahteraan Umat Dunia Akhirat”.

Adapun untuk diketahui masyarakat, rangkaian acara haul akan diawali dengan khataman Al-Quran dilanjutkan Pembacaan Dalailul Khoirot dan pembacaan Surat Yasin dan Tahlil pada Kamis (1/3) pagi. "Kemudian pukul 10.00-18.00 akan diselenggarakan Kirab Merah Putih yang melibatkan Pemkot, TNI-Polri serta masyarakat. Rute kirab dari Makam Habib Hasan Jalan Duku Kelurahan Lamper Kidul, menuju Jalan Tentara Pelajar, Jalan MT. Haryono, Jalan A. Yani dan finish di Simpang Lima," terangnya.

Dalam Kirab tersebut, akan dilakukan penyerahan bendera dari Habib Luthfi bin Yahya ke Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Malam harinya akan dilakukan acara haul yang rencananya akan dibuka langsung oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi pada pukul 19.30. Acara inti tersebut dimeriahkan dengan pembacaan Maulidur Rosul Muhamad SAW.

“Acara ini gratis untuk semua warga, sehingga kami harapkan untuk datang menyaksikan acara ini sedari awal sampai akhir. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan tradisi warisan para leluhur, tertanamnya nilai-nilai moral kepahlawanan, terciptanya stabilitas bangsa dan keharmonisan” ajak Iswar.

Untuk lalu lintas selama acara berlangsung, Dinas Perhubungan Kota Semarang akan melakukan buka tutup jalan secara situasional. Sedangkan kantong parkir yang telah disiapkan ada di Metro Sport Center, Gereja Cinde, SMP N 8, sepanjang Jalan Mangga, dan Jalan Jambu serta kawasan Taman Mangga.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA