1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Penuhi permintaan masyarakat, Wali Kota Hendi hadirkan Si Denok pasangan Si Kenang

"Nantinya, bus ini akan menemani bus wisata tingkat Si Kenang melayani masyarakat yang permintaannya membeludak,"

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menerima replika bus tingkat Si Denok dari Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M Siahaan.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Rabu, 26 September 2018 17:15

Merdeka.com, Semarang - Setelah sukses melayani sejumlah wisatawan yang ingin berkeliling Kota Semarang, bus tingkat pariwisata Si Kenang kini tak sendiri. Hal itu setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mendapat bantuan bus tingkat pariwisata dari Bank CIMB Niaga yang kemudian diberi nama Si Denok.

Pemberian bantuan tersebut bertepatan dengan peringatan hari perhubungan. Pada kesempatan itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengucapkan terimakasih kepada Bank CIMB Niaga yang telah membantu Pemkot Semarang dalam pengembangan pariwisata.

"Setelah sebelumnya, ada bus wisata tingkat yang bernama Si Kenang yang mengantarkan warga masyarakat berkeliling ke tempat-tempat wisata di Kota Semarang secara gratis, hari ini pasangan bus Si Kenang sudah ada yakni Si Denok. Nantinya, bus ini akan menemani bus wisata tingkat Si Kenang melayani masyarakat yang permintaannya membeludak," terang Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi.

Menurut dia, Si Denok merupakan rezeki yang diberikan melalui Bank CIMB Niaga. Sebab, kebutuhan terhadap bus tingkat wisata ini sangat tinggi. "Banyak masyarakat yang mendesak agar pemerintah menyediakan lagi bus tingkat wisata seperti ini. Singkat cerita Kami telah berkirim surat kepada CIMB Niaga, dalam waktu yang cepat, tidak sampai dua bulan busnya sudah sampai di Semarang," jelas Hendi.

Hendi menyampaikan, bantuan bus tingkat pariwisata ini merupakan bukti kepercayaan dan kepedulian pihak swasta kepada Pemkot Semarang. “Jadi artinya, ada sebuah kepercayaan terhadap aktivitas kegiatan pariwisata di Semarang yang didukung oleh sektor swasta. Semoga hal ini bisa ditiru oleh pihak-pihak swasta lainnya," tukasnya.

Bus Si Denok tingkat dua dengan bentuk yang hampir sama persis dengan bus Si Kenang. Bus ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan menambah kenyamanan masyarakat, diantaranya tersedia 53 kursi, dilengkapi alat pemadam kebakaran, CCTV, hingga fasilitas untuk disabilitas juga sudah disematkan. Bus tersebut bermerk MAS asal Jerman dengan karoseri PT Gemilang Nusantara.

Nantinya Si Denok bakal membantu Si Kenang berkeliling ke beberapa tempat wisata di Kota Semarang dengan start Museum Ranggawarsita, kemudian menuju Kota Lama, Tugu Muda, pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran, berkeliling ke Simpang Lima. Kemudian balik  ke Jalan Pandanaran menuju Kampung Pelangi untuk berhenti sebentar 10 menit, dan ke Klenteng Sam Poo Kong. Kemudian kembali lagi ke Museum Ranggawarsita.

Si Kenang dan si Denok bisa dinaiki gratis dengan menunjukkan KTP di titik start Museum Ranggawarsita. Operasionalnya setiap hari yaitu pukul 08.00WIB, 11.00WIB, 15.00 WIB. Untuk Sabtu dan Minggu ditambah pukul 18.00 WIB.

Sementara itu, Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M Siahaan mengatakan, si Denok merupakan program CSR bank CIMB Niaga. Dia berharap, hadirnya bus tersebut bisa mengakomodir minat wisata di Semarang yang terus meningkat. "Kami berharap dengan bertambahnya bus wisata di Kota Semarang, animo masyarakat untuk berwisata makin meningkat," kata Tigor.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA