1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

HUT KAI, pegawai PT KAI Daop 4 Semarang napak tilas jalur rel St Brumbung-Tanggung

Kegiatan napak tilas tersebut dilakukan dengan cara berjalan kaki menelusuri jalur rel.

Napak tilas jalur St Brumbung-Tanggung. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Rabu, 26 September 2018 17:28

Merdeka.com, Semarang - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kereta Api ke-73 yang jatuh pada tanggal 28 September 2018 nanti, jajaran management PT KAI Daop 4 Semarang melaksanakan kegiatan seremonial berupa kegiatan napak tilas jalur rel sepanjang 11,6 km dari Stasiun Brumbung sampai dengan Stasiun Tanggung.

Kegiatan napak tilas tersebut dilakukan dengan cara berjalan kaki menelusuri jalur rel tersebut. Sebanyak 70 orang pegawai PT KAI Daop 4 Semarang, yang dipimpin langsung oleh Kepala Daop 4 Semarang, Yosita mengikuti kegiatan ini.

"Sebagai generasi penerus insan kereta api, kami harus banyak bersyukur bahwasannya transportasi kereta api di Indonesia terus mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Diharapkan nantinya, transportasi kereta api baik di sektor angkutan penumpang maupun angkutan barang, dapat terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga kereta api bisa menjadi tulang punggung bagi transportasi nasional," kata Yosita, Rabu (26/9).

Stasiun Brumbung dan Stasiun Tanggung, lanjut Yosita, merupakan bagian dari empat stasiun tertua di Indonesia, setelah Stasiun Semarang dan Stasiun Alas Tuwa. Dimana jalur ini pertama kali dibuka pada tanggal 10 Agustus 1867 dan merupakan jalur kereta api pertama yang beroperasi di Indonesia pada lintas jalur rel dari Semarang - Tanggung yang berjarak 25 kilometer oleh Gubenur Jenderal Ludolph Anne Jan Wilt Sloet Van De Beele. "Tercatat ada 16 perjalanan kereta api yang melintas di wilayah antara Stasiun Brumbung - Stasiun Tanggung saat ini setiap harinya," tambah dia.

Ke-16 perjalanan kereta api tersebut terdiri dari 10 perjalanan KA penumpang dan 6 perjalanan KA barang. Adapun perjalanan kereta api penumpang yang melintas di wilayah Brumbung - Gundih diantaranya KA Brantas relasi St Pasar Senen - Blitar/pp, KA Matarmaja relasi St Pasar Senen - Malang/pp, KA Majapahit relasi St Pasar Senen - Malang/pp, KA Kalijaga relasi St Semarang Poncol - St Solo Balapan/pp, dan KA Bangunkarta relasi Surabaya Gubeng - Gambir/pp.

"Di ulang tahun yang ke -73 ini, kami PT KAI Daop 4 Semarang akan terus berupaya dalam hal peningkatan pelayanan kepada para pengguna jasa kereta api. Diharapkan dengan langkah tersebut, pengguna jasa layanan kereta api di bagian wilayah Pantura tengah ini dapat terus meningkat dari tahun ke tahun," terangnya.

Tercatat, trend peningkatan jumlah penumpang di wilayah Daop 4 Semarang yang tumbuh secara positif, ini bisa dilihat dari statistik jumlah penumpang pada tahun 2016 yang mencapai 5.064.000 penumpang. Lalu di tahun 2017 yang lalu, jumlahnya meningkat 15 % menjadi 5.808.033 penumpang. Dan di tahun 2018 ini, ditargetkan jumlah penumpangnya bisa mencapai 6.031.457 penumpang.

"Kami ucapkan terima kasih kepada para pengguna jasa Kereta Api yang telah mendukung terhadap perkembangan angkutan massal berbasis rel selama ini. Diharapkan ke depannya, transportasi kereta api bisa terus meningkat peran sertanya di dalam roda pembangunan ekonomi di wilayah Jawa Tengah pada khususnya, dan Bangsa Indonesia pada umumnya," ucap Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
KOMENTAR ANDA