1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Ribuan anak antusias saksikan pameran Alutsista di terminal lama Bandara Ahmad Yani

"Senang sekali, bisa melihat dari dekat tank yang asli seperti di film-film,"

Pameran Alutsista yang digelar di apron terminal lama Bandara Ahmad Yani.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Jum'at, 05 Oktober 2018 18:39

Merdeka.com, Semarang - Ribuan anak dari Kota Semarang dan sekitarnya begitu antusias menyaksikan pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) di Lanumad Ahmad Yani Semarang atau terminal lama Bandara Ahmad Yani, Jumat (5/10). Mereka begitu antusias untuk menaiki satu persatu kendaraan Alutsista yang dipamerkan, seperti tank, helikopter dan sebagainya.

Sesekali, tingkah lucu mereka cukup menggoda. Ada beberapa yang begitu antusias dan tidak takut bertanya kepada sejumlah aparat tentara yang menjaga pameran itu. "Ini namanya apa pak, apa ini tank yang buat perang?" celoteh mereka polos.

Dengan sabar, sejumlah anggota TNI yang berjaga menjawab pertanyaan-pertanyaan anak-anak tersebut. Saat mereka diperbolehkan untuk menaiki tank itu, langsung saja mereka bersorak gembira.

"Senang sekali, bisa melihat dari dekat tank yang asli seperti di film-film," kata Riska Ayu, 7, salah satu pengunjung.

Di lain sisi, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto menambahkan, pihaknya sengaja menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-73 dengan mengundang masyarakat dan menggelar pameran Alutsista.

"Tujuannya jelas, untuk mendekatkan diri kepada masyarakat agar menjadikan TNI bagian dari mereka. Karena apa yang dilakukan oleh TNI adalah untuk masyarakat," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan pameran Alutsista tersebut juga sebagai laporan pertanggungjawaban TNI kepada masyarakat yang telah membiayai seluruh kegiatan TNI.

"Bahwa apa yang dilakukan masyarakat untuk membiayai kami, kami tampilkan dalam acara ini. Kami berharap, bentuk pertanggungjawaban kami ini dapat diterima," tegasnya.

Pada pameran itu, Wuryanto menerangkan jika hampir semua Alutsista yang ditampilkan adalah yang terbaru. Alutsista yang dipamerkan juga berasal dari Tiga Matra, yakni TNI AD, AL dan AU.

"Ini pameran Alutsista terbesar dan terlengkap yang akan kami gelar sampai Minggu (7/10) besok. Silakan masyarakat datang, ini gratis. Masyarakat bisa berfoto, menaiki Alutsista sampai bertanya detil mengenai jenis dan fungsi Alutsista yang kami pamerkan," tutupnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
KOMENTAR ANDA