1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Ribuan pemudik sepeda motor tiba di Pelabuhan Tanjung Emas

"Ini kapal pertama yang datang mengangkut pemudik sepeda motor. Rencananya ada 16 kapal yang disiapkan untuk mengangkut pemudik sepeda motor..."

Pemudik sepeda motor tiba di Pelabuhan Tanjung Emas menggunakan KM Dobonsolo. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Minggu, 10 Juni 2018 15:38

Merdeka.com, Semarang - Sebanyak 1.260 pemudik sepeda motor dari Jakarta dan sekitarnya tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang, Minggu (10/6). Menggunakan Kapal Pelni KM Dobonsolo, para penumpang tiba di pelabuhan Kota Semarang itu sekitar pukul 09.00 WIB.

Selain mengangkut penumpang, KM Dobonsolo juga mengangkut sepeda motor milik para pemudik. Ada 572 sepeda motor yang diangkut dalam program mudik bareng pemerintah itu. "Ini kapal pertama yang datang mengangkut pemudik sepeda motor. Rencananya ada 16 kapal yang disiapkan untuk mengangkut pemudik sepeda motor ini oleh pemerintah," kata Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP), Ahmad Wahid.

Ahmad menambahkan, untuk puncak arus mudik menggunakan kapal laut khusus bagi sepeda motor akan tiba pada tanggal 13 nanti. Sebanyak 9 kapal akan datang mengangkut ribuan penumpang. "Saat puncak itu, diprediksikan akan ada 2.000-an pemudik yang tiba di Pelabuhan Tanjung Emas ini," terangnya.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya mudik gratis sepeda motor ini, lanjut dia, untuk membantu saudara-saudara yang hendak mudik ke daerah masing-masing. "Daripada sepeda motor dikendarai untuk mudik dan terjadi kecelakaan, maka pemerintah membuat program mudik sepeda motor menggunakan kapal ini. Tujuannya selain menekan angka kecelakaan, juga untuk mengurangi kepadatan arus lalulintas di jalan raya," tukasnya.

Sementara itu, salah satu penumpang, Hidayat, 28, mengaku senang dengan adanya mudik gratis sepeda motor ini. Sebab menurutnya, angkutan kapal yang mengangkut pemudik sekaligus sepeda motor ini sangat bermanfaat. "Soalnya motor dipakai kalau di rumah, jadi senang kalau ada transportasi ini. Daripada dikendarai dari Jakarta, capek, macet dan rawan kecelakaan," kata Hidayat yang hendak pulang ke Magelang itu.

Selain gratis, Hidayat mengaku fasilitas di dalam kapal juga menyenangkan. Kapal dilengkapi dengan sarana prasaran yang nyaman. "Fasilitas oke, komplet. Ada makan juga, semuanya menyenangkan. Kami sangat berterimakasih kepada pemerintah karena memberikan program ini kepada para pemudik," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
KOMENTAR ANDA