1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Tekan kriminalitas, Pemkot Semarang integrasikan CCTV di Situation Room

"...hari ini kami sedang mengupayakan untuk seluruh CCTV yang ada di Kota Semarang terhubung di Situation Room,"

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama jajaran instansi dan pejabat Pemkot Semarang menyaksikan tayangan di Situation Room yang baru diresmikan.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Senin, 19 Februari 2018 17:51

Merdeka.com, Semarang - Bagi para pelaku kejahatan yang hendak beroperasi di Kota Semarang, sebaiknya mengurungkan niatnya. Sebab, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang telah memiliki alat yang dapat melihat seluruh kondisi di Kota Semarang melalui ruangan khusus yang disebut dengan Situation Room.

Ruangan yang dirancang khusus tersebut berada tepat di atas kantor Wali Kota Semarang di Jalan Pemuda, Kota Semarang. Melalui ruangan itu, semua CCTV yang ada di Kota Semarang terintegrasi sehingga dapat memantau setiap gerak-gerik masyarakat khususnya para pelaku kejahatan.

"Ini adalah pengembangan dari monitoring room yang sebelumnya sudah kami miliki. Kalau sebelumnya hanya sebatas menyajikan data-data, saat ini sudah bisa langsung diolah untuk kemudian dihasilkan menjadi sebuah kegiatan konkret," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat meresmikan Situation Room, Senin (19/2).

Menurut wali kota yang akrab disapa Hendi ini, Situation Room dapat menghubungkan semua urusan kota Semarang, mulai dari kondisi lalu lintas, kondisi rumah pompa, deteksi wilayah banjir, progres kegiatan pembangunan, sampai tren percakapan di media sosial tentang Kota Semarang.

"Termasuk terkait kondisi keamanan Kota Semarang, hari ini kami sedang mengupayakan untuk seluruh CCTV yang ada di Kota Semarang terhubung di Situation Room ini," jelasnya.

Hendi mengungkapkan, untuk mengintegrasikan seluruh CCTV di Kota Semarang, pemerintah kota membutuhkan partisipasi masyarakat. Hal ini karena dalam proses pengintegrasiannya, Situation Room membutuhkan alamat IP (Internet Protocol) dari masing-masing CCTV.

"Penting untuk masyarakat proaktif memberitahu kami alamat IP CCTV yang dimiliki masing-masing, baik itu yang di lingkungan perumahan, kantor, pusat perbelanjaan, toko, sekolah, dan lainnya," paparnya.

Dengan CCTV yang terhubung tersebut, akan mempermudah Pemkot Semarang dan pihak kepolisian untuk memantau kondisi keamanan di wilayah. "Sehingga di manapun lokasinya, kalau ada yang gerak-geriknya mencurigakan dapat langsung terpantau oleh Situation Room untuk kemudian ditindak," terangnya.

Dengan keberadaan Situation Room tersebut, Hendi optimistis kasus kriminalitas di Kota Semarang dapat ditekan. Selain itu, penindakan terhadap kasus kriminal juga dapat dilakukan lebih cepat.

Resmikan Gedung Seruni

Terkait upaya menekan kasus kriminalitas di Kota Semarang tersebut, di hari yang sama Hendi juga meresmikan Gedung Pusat Pelayanan Terpadu Seruni Kota Semarang di Jalan Dr Sutomo Kota Semarang.

Seruni sendiri merupakan sebuah lembaga afiliasi Pemkot Semarang yang fokus pada penanganan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) kepada perempuan dan anak-anak.

"Kasus KDRT ini kerap terjadi karena perempuan dan anak rentan terdiskriminasi, karena dianggap sebagai kelompok lemah dalam keluarga," katanya.

Untuk itu, lanjut Hendi, peran Seruni Kota Semarang menjadi penting. Sebab, Seruni dapat memberikan pendampingan kepada masyarakat, agar kasus serupa tidak terus terjadi.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA