1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Tiba di Palu, Wali Kota Hendi bergabung bersama para relawan asal Semarang

"Hari ini juga kami langsung serahkan dana sebesar Rp2,75 miliar yang merupakan hasil dari urunan masyarakat di Kota Semarang."

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi langsung membaur dengan para relawan saat tiba di Palu, Kamis (18/10).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Kamis, 18 Oktober 2018 17:59

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi tiba di Palu pada Kamis (18/10). Kedatangan orang nomor satu di Kota Semarang itu untuk bergabung bersama puluhan relawan membantu penanganan korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah.

Sesampainya di lokasi bencana, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut bersama para relawan asal Kota Semarang langsung berkeliling ke sejumlah tempat pengungsian.

Tak hanya melakukan pengecekan, dirinya juga terlihat berdialog dengan para relawan di beberapa posko bencana untuk memberikan apresiasi dan motivasi atas kepedulian yang diberikan.

Hendi mengungkapkan kedatangannya ke Palu dan bergabung bersama para relawan adalah bagian dari komitmennya untuk ikut terlibat aktif dalam pemulihan pasca bencana yang terjadi.

"Hari ini kami merasakan betul bahwa sedulur-sedulur di sini untuk makan saja susah, sehingga sangat butuh perhatian kita," tutur Wali Kota Semarang yang juga politisi PDI Perjuangan tersebut.

Pihaknya juga melihat penderitaan korban bencana yang sangat membutuhkan uluran tangan. "Kami lihat juga masih cukup banyak puing-puing berserakan dampak dari gempa yang terjadi, sehingga semangatnya adalah bergerak bersama untuk dapat mengembalikan sedulur-sedulur di sini ke kehidupan normal," tegasnya.

Tidak datang dengan tangan kosong, Hendi datang ke Palu membawa dana bantuan sejumlah Rp2,75 miliar. Bantuan tersebut merupakan hasil partisipasi dari seluruh masyarakat Kota Semarang.

"Hari ini juga kami langsung serahkan dana sebesar Rp2,75 miliar yang merupakan hasil dari urunan masyarakat di Kota Semarang. Tidak besar memang, tapi harapannya bisa meringankan beban sedulur-sedulur di sini," ungkapnya.

Dana tersebut, lanjut dia, disalurkan untuk penanganan bencana sebesar Rp1,75 miliar kepada Pemerintah Kota Palu dan diterima oleh Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau lebih akrab dikenal dengan paggilan Pasha.

"Lalu Rp500 juta melaui BPBD Sigi, dan Rp500 juta juga untuk Donggala melalui Pak Gosal selaku Asisten 2," jelas Hendi.

Di sisi lain, Koko, salah seorang relawan bencana asal Kota Semarang mengaku senang dan bersyukur atas kedatangan Hendi ke Palu untuk bergabung dengan para relawan. Jumlah relawan dari Kota Semarang sendiri sampai hari ini adalah 43 orang.

"Ini bukti bahwa dukungan pemerintah Kota Semarang kepada para relawan dalam penanganan bencana di Palu ini sangat besar, kami sangat berterima kasih sekali. Apalagi kedatangan Mas Hendi hari ini menjadi dukungan moral yang sangat besar untuk kami para relawan," bebernya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA