1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Usai salat Ied berjamaah, warga berebut bersalaman dengan Wali Kota Hendi

"Bisa terlihat bahwa berbagai macam elemen dan golongan masyarakat di Kota Semarang hari ini berkumpul tanpa sekat saling bersilaturahmi."

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melayani warga yang ingin bersalaman usai pelaksanaan salat Ied di Balai Kota Semarang, Jumat (15/5).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Jum'at, 15 Juni 2018 20:16

Merdeka.com, Semarang - Ribuan warga Kota Semarang bersama-sama Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menunaikan ibadah salat Idul Fitri (salat Ied) di Halaman Balai Kota Semarang, Jumat (15/6). Walaupun direncanakan mulai sekitar pukul 06.00WIB, namun masyarakat Kota Semarang terlihat sudah memadati halaman Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang sejak pukul 05.00WIB, tak terkecuali Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu.

Pria asli Kota Semarang tersebut bahkan tampak sudah berdiri sejak sekitar pukul 05.30WIB di gerbang pintu masuk halaman kantornya yang terletak di Jalan Pemuda, Kota Semarang. Di sana, Hendi menyambut masyarakat yang berdatangan untuk melaksanakan salat Ied.

Suasana terlihat tampak cair. Wali Kota Semarang yang juga Politisi PDI Perjuangan itu pun larut menyapa serta menyalami satu persatu masyarakat yang tiba. Sesekali dirinya juga sempat terlibat obrolan kecil dengan beberapa orang.

Tiba waktu dimulainya salat Idul Fitri sekitar pukul 06.00WIB, Hendi pun langsung bergegas menempatkan diri di shaf pertama. Pemandangan menarik terlihat saat kegiatan salat Ied selesai dilaksanakan, Wali Kota Hendi yang belum sempat beranjak dari tempatnya langsung dikerumuni oleh masyarakat yang berebut ingin berfoto dan bersalaman dengannya.

Tanpa sekat, Hendi meladeni permintaan tersebut dengan terus mengembangkan senyum di wajahnya sembari mempersilakan seluruh masyarakat yang hadir untuk bersantap hidangan yang telah disediakan. Pagi itu memang selain melaksanakan kegiatan salat Ied, Pemkot Semarang juga menyelenggarakan kegiatan open office untuk menjamu seluruh masyarakat yang datang.

Hendi sendiri, dalam kesempatan tersebut secara khusus juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk bisa merayakan hari kemenangan dalam keberagaman.

"Bisa terlihat bahwa berbagai macam elemen dan golongan masyarakat di Kota Semarang hari ini berkumpul tanpa sekat saling bersilaturahmi. Saya rasa suasana keberagaman ini sangat penting tercipta, bukan hanya bagi masyarakat di Kota Semarang, tetapi juga masyarakat di luar sana," kata dia.

Kegiatan salat Ied yang diselenggarakan oleh Pemkot Semarang itu, bertindak selaku imam, KH Muzamal Achmad. Sedangkan untuk khatib dipercayakan kepada Ustad Fachrur Rozi yang menyampaikan ceramah bertajuk "Pekerjaan Sebagai Amal Sholeh, Amal Sholeh Sebagai Pekerjaan."

Melalui ceramahnya, Fachrur Rozi menekankan pesan terkait pentingnya dedikasi kerja yang tinggi sebagai bagian dari ibadah. "Pekerjaan yang dilakukan dengan penuh rasa kecintaan, pasti dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, apalagi jika pekerjaannya berhubungan dengan pelayanan sosial kepada masyarakat yang memerlukan sikap untuk menyenangkan orang lain," tegas Dosen UIN Walisongo Semarang itu.

Pesan tersebut juga dirasa sebagai sebuah motivasi bagi karyawan dan pejabat di lingkungan Pemkot Semarang yang hari itu juga mengikuti salat Ied di Balai Kota Semarang. Pasalnya, Wali Kota Hendi pada tahun ini mengambil kebijakan untuk tidak meliburkan beberapa pelayanan di hari cuti bersama dan libur lebaran tahun ini.

Diantara pelayanan tersebut, seperti layanan call center pelaporan masyarakat, layanan administrasi kependudukan, layanan kesehatan di puskesmas, hingga layanan perbaikan infrastruktur di Kota Semarang.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA