1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Libur Lebaran, obyek wisata di Kota Semarang banjir pengunjung

"Sengaja datang ke sini untuk liburan. Selain dekat, murah, juga bisa menjadi wahana pendidikan tentang satwa kepada anak,"

Pengunjung berinteraksi dengan satwa di Kebun Binatang Mangkang, Semarang. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Senin, 18 Juni 2018 11:36

Merdeka.com, Semarang - Ribuan orang memenuhi sejumlah obyek wisata di Kota Semarang. Mereka menghabiskan waktu untuk menikmati berbagai fasilitas hiburan yang ada di berbagai destinasi itu. Di Kebun Binatang Mangkang Kota Semarang misalnya, ribuan orang setiap hari sejak H+2 lalu memadati lokasi itu. Mereka datang bersama keluarga untuk bersantai ria sambil melihat aneka koleksi satwa yang ada.

"Sengaja datang ke sini untuk liburan. Selain dekat, murah, juga bisa menjadi wahana pendidikan tentang satwa kepada anak," kata Suradi, 45, salah satu pengunjung asal Ngaliyan Semarang.

Sementara pihak pengelola kebun binatang sendiri telah mempersiapkan fasiltas bagi para wisatawan. Tak sekadar memamerkan satwa, namun ada pula hiburan lain seperti panggung hiburan musik dangdut, kuliner dan barongsai.

Direktur PT Taman Satwa Semarang Samsul Bahri Siregar mengatakan, banyak wahana yang disediakan untuk pengunjung. Tapi yang paling banyak diminati adalah wahana becak air, water boom, naik gajah dan out bond.

"Pengunjung setiap hari selalu naik, Jumat (15/6) kemarin, tercatat ada sebanyak 4.000 pengunjung yang datang. Sementara pada Sabtu ada 10.000 pengunjung dan minggu sekitar 20.000 an pengunjung," kata dia.

Samsul menambahkan, jika jumlah tersebut diprediksi akan terus naik. Selama musim libur Lebaran diperkirakan jumlah pengunjung mencapai 100 ribu orang.

Sementara itu, di obyek wisata Grand Maerakaca, ribuan pengunjung juga memadati lokasi itu. Sedikitnya, 5.000 pengunjung memadati Taman Maerakaca untuk berwisata air maupun menapaki track Mangrove di sana.

Direktur PT PRPP, Titah Listyorini mengatakan, dalam rangka libur Lebaran 2018 ini, pihaknya menggelar ‘Lebaran Fair’ selama sepuluh hari. Gelaran tersebut, kata dia, mengajak wisatawan untuk menikmati setiap suguhan wisata di Grand Maerakaca.

“Kami ada wisata perahu, bebek air, kereta yang melintasi anjungan-anjungan di Jawa Tengah. Kami juga menyajikan hiburan dan berbagai kuliner,” kata dia.

Pihaknya menargetkan 2.500 pengunjung datang setiap harinya selama libur lebaran. Namun, kata Titah, pengunjung yang datang justru melebihi target berkisar di angka 5.000 pengunjung. "Dari jumlah tersebut, lanjutnya, 60% berasal dari luar Kota Semarang," tukasnya.

Di tempat lain, obyek wisata Waduk Jatibarang juga dipadati ribuan pengunjung. Selain menikmati waduk buatan yang indah, para pengunjung juga penasaran dengan sejumlah spot foto yang ada di sana.

Wisata sejarah seperti di Kota Lama Semarang, Lawang Sewu serta Kelenteng Sam Poo Kong juga tak kalah meriah. Tempat-tempat itu setiap hari selama libur lebaran ini juga selalu dipadati pengunjung.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Peristiwa
  2. Ragam
KOMENTAR ANDA