1. HOME
  2. KULINER

Berwisata ke Semarang? Tak lengkap sebelum coba aneka makanan ini

Belum ke Semarang kalau belum menikmati aneka makanan khas ini

Tahu Gimbal. Foto/bacaterus.com. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Selasa, 19 Juni 2018 16:31

Merdeka.com, Semarang - Setiap daerah pasti memiliki kuliner andalan dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Termasuk Kota Semarang, kota ini juga dikenal sebagai surga kuliner karena memiliki banyak makanan khas yang selalu diburu para pelancong.

Sebagai kota yang dikenal dengan aneka kuliner nikmat, Kota Semarang selalu menjadi kota yang menjadi incaran pecinta makanan. Namun tak jarang, banyak yang kebingungan makanan apa yang terkenal dari kota berjuluk kota Lunpia ini.

Ya, di bawah ini kami memberikan ulasan mengenai menu-menu makanan khas Kota Semarang. Saking khasnya, anda bisa dikatakan belum ke Semarang kalau belum mencoba aneka makanan ini.

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal
© 2018 semarang.merdeka.com/bacaterus.com

Makanan satu ini memiliki bentuk hampir mirip dengan ketoprak yang ada di Jakarta. Namun, tahu gimbal Semarang memiliki bentuk isian serta bumbu-bumbu tersendiri sehingga beda dengan menu sejenisnya.

Disebut tahu gimbal karena menu ini identik dengan tahu dan gimbal. Gimbal merupakan udang yang digoreng bersama tepung, bentuknya yang tidak rata membuat seperti rambut gimbal yang acak-acakan itu.

Di dalam sepiring tahu gimbal, terdapat beberapa jenis makanan seperti gimbal udang dengan tahu yang digoreng renyah. Kemudian irisan lontong, kecambah atau taoge dan kol yang diiris tipis kemudian disiram dengan bumbu kacang. Untuk mempercantik tampilan, telur ceplok mata sapi berada di atas semua makanan itu bersama kerupuk yang menambah selera makan anda akan muncul.

Bumbu kacang yang disajikan juga berbeda dengan bumbu kacang biasanya, yakni dibuat dari kacang, bawang dan petis. Aroma gimbal serta bumbu kacang yang harum membuat cacing di perut anda pasti berteriak minta diisi.

Jika anda ingin menikmati menu spesial ini, anda tidak perlu khawatir karena banyak warung tahu gimbal di Kota Semarang. Namun jika anda ingin mudah menemukannya, silakan berkunjung ke Taman Menteri Supeno atau Taman KB yang ada di kawasan Simpang Lima Semarang. Di lokasi itu, puluhan warung berjejer untuk menawarkan menu special ini. Jadi silakan pilih sesuai keinginan anda.

Lunpia

Lunpia
© 2018 semarang.merdeka.com/Shutterstock/Hassel Sinar

Lunpia merupakan menu makanan yang sangat nikmat jika dinikmati dengan saus kental dan pedas. Renyahnya Lunpia panas dengan isian rebung di dalamnya akan meleleh di mulut dan membuat anda tak lelah mengunyah saat menikmati makanan satu ini.

Lunpia Semarang merupakan makanan isian rebung serta bumbu lain yang dibalut dengan tepung. Namun sekarang, isian Lunpia mengalami kemajuan dengan aneka pilihan, seperti isi udang, daging dan semacamnya.

Lunpia yang berbentuk lonjong memanjang kemudian digoreng dengan minyak panas sehingga tampak kuning keemasan.

Anda dapat menikmati makanan satu ini di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Jalan Pandanran Kota Semarang. Namun, ada baiknya jika anda membeli langsung dari tempat asli di mana resep Lunpia diciptakan. Datanglah ke Gang Lombok yang berada di kawasan pecinan Semarang. Di sini, Anda bisa membeli Lunpia yang dikemas dalam besek atau kotak yang terbuat dari bambu. Lunpia di sini masih menggunakan resep asli yang dipertahankan secara turun temurun.

Wingko Babat

Wingko Babat
© 2018 semarang.merdeka.com/mytrip.co.id

Makanan satu ini menurut beberapa versi sejarah sebenarnya bukan dari Semarang, melainkan berasal dari salah satu Kecamatan di Lamongan Jawa Timur yakni Kecamatan Babat. Namun karena banyak dijual di Semarang, makanan ini kemudian identik dengan makanan tradisional Semarang.

Wingko Babat merupakan makanan dengan bentuk bulat dalam berbagai ukuran dengan rasa legit dan manis. Perpaduan rasa dari tepung, kelapa muda dan gula ini membuat air liur meleleh saat melihatnya. Tak salah jika jajanan ini banyak dicari wisatawan yang datang ke Semarang.

Jika anda ingin menikmati makanan ini, anda tidak perlu khawatir kehabisan karena banyak sekali tersedia di toko oleh-oleh khas Semarang di Jalan Pandanaran Kota Semarang. Namun salah satu produk wingko babat yang terkenal adalah Wingko Babat Cap Kereta Api yang berlokasi di Jalan Cenderawasih 14, Semarang. Kenapa lebih terkenal, sebab dari sinilah awal mula wingko dikenalkan oleh Nyonya Mulyono yang berasal dari Babat dan menetap di Semarang.

Bandeng Presto

Bandeng Presto
© 2018 semarang.merdeka.com/selerasa.com

Makanan ini jelas sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Menu wajib yang harus dimakan atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh ini berbahan ikan bandeng.

Dinamakan bandeng presto karena proses pemasakan ikan ini menggunakan alat presto. Hal ini dilakukan karena ikan ini memiliki duri yang cukup banyak, sehingga harus diolah sedemikian rupa menggunakan presto untuk melembutkan duri yang ada di dalamnya.

Bandeng presto memiliki berbagai rasa dan bentuk, mulai dari bandeng presto rebus hingga asap ataupun bakar. Anda dapat menyajikan bandeng presto ini bersama sepiring nasi hangat ditambah sambal pedas yang nikmat. Tentu, anda akan ketagihan setelah menyantap makanan satu ini dan memesan untuk dibawa pulang.

Jika anda ingin menikmati makanan ini, anda dapat mudah mendapatkannya saat mengunjungi toko oleh-oleh khas Semarang di Jalan Pandanaran Kota Semarang. Di lokasi itu, berjajar toko oleh-oleh yang menjual menu satu ini kepada anda untuk dibawa pulang dan dimasak bersama keluarga tercinta.

Wedang Ronde

Wedang Ronde
© 2018 semarang.merdeka.com/pengusahasukses.com

Jika anda yang tinggal di kawasan Jabodetabek, anda mungkin sudah tidak asing dengan Sekoteng. Yah, minuman penghangat badang ini juga ada di Kota Semarang lho. Namanya Wedang Ronde.

Wedang Ronde merupakan minuman tradisional asli dari Jawa selain jamu dan dawet. Dinamakan Wedang Ronde karena di dalamnya ada adonan khusus yang terdiri dari campuran tepung beras dan gula merah berbentuk bulatan-bulatan dan dibagian dalamnya berisi kacang yang dihancurkan yang disebut Ronde. Untuk membentuk Wedang Ronde, adonan ronde ini dicelupkan ke dalam air jahe yang masih panas.

Wedang Ronde biasanya disajikan dalam mangkuk berukuran kecil. Dalam satu mangkuk itu, terdiri berbagai isian, diantaranya air jahe, bulatan-bulatan Ronde berwarna-warni, kolang kaling, irisan roti berbentuk dadu dan kacang tanah.

Wedang Ronde sangat cocok di konsumsi saat cuaca dingin atau musim penghujan. Dengan mengkonsumsi Wedang Ronde, sekujur badan, terutama tenggorokan, dada dan perut terasa sangat hangat. Selain itu, wedang ronde juga sangat bagus untuk kesehatan dan meningkatkan stamina.

Jika anda di Kota Semarang dan menikmati dinginnya malam kota ini, anda dapat mencari minuman nikmat ini. Banyak sekali yang menjual minuman ini, baik di rumah makan ataupun kedai-kedai yang ada di pinggir jalan. Di kawasan Simpang Lima juga banyak ditemukan penjual Wedang Ronde yang berjualan dengan gerobaknya lho, jadi anda tidak perlu susah menemukan minuman ini.

Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel
© 2018 semarang.merdeka.com/uniekkaswarganti.com

Dari namanya, mungkin orang yang belum pernah melihat roti ini jadi ngeri. Bagaimana bisa ganjel rel dimakan?

Begini kawan, dinamakan roti ganjel rel karena bentuk roti ini kotak dan jika diiris dan ditata akan menyerupai seperti ganjal rel kereta api. Itulah kenapa roti ini disebut roti ganjel rel.

Roti ini berbentuk kotak dan berwarna coklat bertabur wijen, rasa roti ini bercita rasa kayu manis. Teksturnya ulet dan padat dipadu dengan aroma coklat dan kayu manis yang nendang di lindah. Karena teksturnya yang ulet, jika makan dua potong saja sudah cukup mengenyangkan perut.

Rasanya khas oleh aroma rempah-rempah yang sangat terasa di lidah. Ketika dikunyah, roti ini terasa lembut bercampur gurih oleh wijen yang tertabur permukaan penganan ini. Meski kadang, ada pula kenyal dan alot karena dibuat dengan tepung kanji.

Roti ini agak sulit ditemui secara bebas di Kota Semarang karena umumnya hanya muncul saat menjelang Ramadan tiba. Namun jika anda penasaran dengan makanan ini, maka anda dapat blusukan di Pasar Johar Semarang untuk mencarinya. Jika anda beruntung, dapat menemukan pedagang yang menjajakan makanan ini.

Itulah daftar makanan yang khas di Kota Semarang. Tidak lengkap rasanya jika anda mengunjungi kota ini tanpa menikmati makanan-makanan itu. Anda juga pasti akan ketagihan dan memesan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh kepada sanak keluarga di rumah saat hendak balik ke tempat kerja masing-masing.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Ragam
KOMENTAR ANDA