1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Bantu sektor pariwisata Kabupaten Magelang, ini yang dilakukan Pemkot Semarang

"Saya rasa tidak boleh ada yang namanya kompetisi antar daerah, yang harus ada saat ini adalah kolaborasi antar daerah,"

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyerahkan aplikasi Wisata Magelang secara simbolis kepada PJ Bupati Kabupaten Magelang, Tavip Supriyanto, Senin (14/5).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Senin, 14 Mei 2018 19:23

Merdeka.com, Semarang - Perkembangan sektor pariwisata di Kota Semarang sangatlah pesat. Hal itulah yang menjadi magnet kota-kota lain untuk belajar ke Kota Semarang Terbaru, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi secara resmi menyerahkan sebuah aplikasi ponsel pintar "Wisata Magelang" yang secara khusus dibuat oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang.

Penyerahan secara simbolis tersebut ditandai dengan penandatangan MoU kerjasama antara Pemkot Semarang dan Pemkab Magelang, bertempat di teater mini situation room Pemkot Semarang. PJ Bupati Kabupaten Magelang, Tavip Supriyanto hadir langsung secara pribadi dalam kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Tavip berterima kasih kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi atas bantuan yang diberikan untuk pengembangan Kabupaten Magelang yang dipimpinnya. "Kita tahu bersama bahwa Kota Semarang adalah kota yang berhasil dalam mengembangkan segala bidang, sehingga ini merupakan bagian dari upaya kami untuk belajar dari Kota Semarang," kata dia.

Selain sektor wisata, Tavip juga memuji Kota Semarang dalam hal pemanfaatan teknologi. Hal itu dia tunjukkan saat melihat secara langsung situation room milik Pemkot Semarang. "Tidak hanya sektor pariwisata, namun pengembangan teknologi di Kota Semarang juga sangat maju pesat. Saya berterima kasih karena sudah diterima dengan baik, dan diizinkan untuk melihat-lihat kantor yang sudah sangat canggih ini," paparnya.

Di sisi lain, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi justru mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten Magelang yang memberi ruang untuk dapat saling menginspirasi. "Saya rasa tidak boleh ada yang namanya kompetisi antar daerah, yang harus ada saat ini adalah kolaborasi antar daerah, apalagi Kota Semarang dan Kabupaten Magelang adalah satu provinsi, Jawa Tengah," katanya.

Wali Kota yang juga akrab disapa Hendi tersebut menambahkan, kerjasama ini menjadi momentum penting bukan hanya bagi Magelang dan Semarang, tetapi juga bagi seluruh daerah lain, khususnya di Jawa Tengah. "Ini momentum untuk lebih terkoneksi agar dapat saling membantu," tegasnya.

Aplikasi "Wisata Magelang" yang dibuat oleh Pemkot Semarang sendiri sudah dapat diunduh di Google Play Store untuk digunakan oleh para wisatawan yang ingin mencari tahu informasi tentang Kabupaten Magelang.

Dalam deskripsi aplikasi tersebut di Google Play Store disebutkan bahwa aplikasi "Wisata Magelang" adalah merupakan aplikasi pemandu lokasi tempat-tempat wisata di Kabupaten Magelang. Aplikasi itu diharapkan dapat membantu wisatawan lokal atau dari luar Kabupaten untuk mencari tempat berwisata secara online atau offline.

Hendi mengatakan, aplikasi "Wisata Magelang" tersebut menggunakan tekhnologi LBS (Location Based Service), seperti yang digunakan dalam permainan Pokemon Go, atau perangkat Google Glass.

"Jadi nanti wisatawan tinggal mengarahkan kamera HP nya untuk dipandu berjalan ke lokasi wisata terdekat di Kabupaten Magelang. Dan ini saya rasa akan menjadi pengalaman yang menarik dan mengasyikan bagi wisatawan," ungkapnya.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA