1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Jelang Pilgub, Wali Kota Hendi pastikan semua TPS di Kota Semarang siap

"Kesimpulannya, kalau di daerah pinggir telah siap, maka yang di tengah kota juga pasti lebih siap, karena lebih dekat pendistribusian..."

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan pengecekan ke sejumlah TPS di Kota Semarang jelang Pilgub Jateng, Rabu besok.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Selasa, 26 Juni 2018 17:46

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi terus bergerak dalam rangka mempersiapkan gelaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) yang akan diselenggarakan Rabu (27/6) besok.

Untuk memastikan bahwa penyelenggaraan pesta demokrasi itu berjalan lancar, Wali Kota Semarang ini melakukan pengecekan ke Sejumlah Tempat Pemungutan suara (TPS) di Kota Semarang yang akan digunakan untuk penyelenggaraan Pilgub Jateng.

Pria yang juga akrab disapa Hendi tersebut memilih untuk menyisir TPS di wilayah pinggiran Kota Semarang, diantaranya TPS 15 Jatisari Mijen, TPS 3 Mangunsari, dan TPS 12 Sumurboto.

Dia sengaja menyisir TPS di wilayah pinggiran Kota Semarang sebagai sampling untuk memotret kesiapan pelaksanaan Pilgub Jateng di seluruh Kota Semarang.

"Kesimpulannya, kalau di daerah pinggir telah siap, maka yang di tengah kota juga pasti lebih siap, karena lebih dekat pendistribusian logistiknya," jelas Hendi.

Selain itu, Hendi juga ingin memastikan partisipasi pemilih dalam ajang tersebut. Dia menegaskan jika Pemkot Semarang akan terus berupaya untuk mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Dia juga berharap, para generasi muda atau yang akrab disapa generasi millenial agar menggunakan hak pilihnya.

"Kalau bicara generasi millenial pasti rata-rata sikapnya apatis terhadap pemilihan seperti ini. Tapi saya rasa saat ini kondisinya berbeda, harus aktif memilih pemimpin yang sesuai diri masing-masing, dan ini saatnya memilih pemimpin untuk menentukan nasib Jawa Tengah lima tahun ke depan," tegas Hendi.

Hendi juga menuturkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih, dilakukan sejumlah cara. Di beberapa tempat juga digunakan pengeras suara yang terdapat pada masjid serta musala setempat untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya.

"Harapannya tentu saja melalui cara ini seluruh masyarakat yang terdaftar dalam DPT dapat aktif menggunakan hak pilihnya," tukasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono yang dalam kesempatan tersebut mendampingi Hendi meninjau beberapa TPS di Kota Semarang mengatakan kesiapan logistik sudah 100%.

"Untuk pendistribusiannya sendiri hari ini sedang berjalan, tapi di beberapa TPS ada yang rencananya besok subuh baru diantarkan dengan pertimbangan keamanan," papar Henry.

Lebih lanjut dia menerangkan, TPS yang logistiknya baru diantarkan pada pagi hari besok tersebut ada sekitar 10 TPS yang rata-rata berada di daerah pinggiran Kota Semarang. "Lainnya, untuk menjangkau seluruh pemilih disediakan juga 46 TPS untuk masuk ke rumah sakit dan ke rumah tahanan," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Peristiwa
  2. Politik
  3. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA