1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Pastikan harga makanan PKL tak mencekik, Wali Kota Hendi tanya langsung ke pemudik

"Kemarin sedulur-sedulur PKL semuanya sudah sepakat untuk bersama-sama menjaga, dan hari ini saya cek Alhamdulillah semua memegang komitmen..."

Wali Kota Hendi saat menanyai sejumlah pemudik yang makan di kawasan sekitar Simpang Lima. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Rabu, 13 Juni 2018 12:10

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dengan sengaja mendatangi ribuan pemudik yang sedang menikmati wisata kuliner di shelter PKL Simpang Lima Semarang, Selasa (12/6) malam.

Kedatangan orang nomor satu di Kota Semarang ini bukan tanpa alasan. Dia terlihat bertanya-tanya kepada beberapa pemudik yang sedang duduk bersantap terkait suasana di shelter PKL yang mengelilingi Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang itu.

Mulai dari terkait kebersihan, keramahan pedagang, hingga harga ditanyakan secara detail oleh pria yang akrab disapa Hendi itu. Hal itu dilakukannya untuk memastikan apakah perintahnya agar para pedagang menjaga kebersihan dan tidak menaikkan harga terlalu tinggi.

Jauh-jauh hari sebelumnya, Hendi sudah meminta kepada seluruh PKL di Kota Semarang tidak menaikkan harga makanan serta minuman kepada pemudik yang datang ke Kota Semarang. Wali Kota Semarang yang juga politisi PDI Perjuangan tersebut bahkan sempat secara khusus mengumpulkan seluruh PKL di Kota Semarang untuk memberikan arahan tersebut dengan mengajak berbuka puasa bersama.

Menurut Hendi, imbauannya tersebut menjadi penting untuk diperhatikan seluruh PKL di Kota Semarang. Mengingat keberadaan PKL dianggapnya sebagai salah satu ujung tombak citra Kota Semarang kepada pemudik.

"Seharusnya tentu saja keluhan-keluhan di sosial media seperti sebelumnya, yaitu terkait harga makanan minuman di PKL yang tiba-tiba naik sangat tinggi tidak akan ada lagi," kata dia.

Dia menerangkan, saat pertemuan awal, para pedagang sudah sepakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan menjaga agar harga tidak dinaikkan terlalu tinggi. "Kemarin sedulur-sedulur PKL semuanya sudah sepakat untuk bersama-sama menjaga, dan hari ini saya cek Alhamdulillah semua memegang komitmen tersebut," tegasnya.

Sementara itu, Dea, 19, salah satu pemudik yang datang ke Kota Semarang dari Jakarta mengaku sangat nyaman dengan pelayanan di shelter PKL Simpang Lima Semarang tersebut. "Baru sampe Semarang tadi pagi, terus ini diajak saudara ke sini. Suasananya enak, bersih, ramai, dan harganya nggak mahal kok," kata dia.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA