1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Pemilu 2019, Partisipasi Masyarakat Kota Semarang Capai 80 Persen

“Pemilu sudah selesai, tinggal kita menunggu pengumuman dari KPU. Saya berharap masyarakat tetap rukun dan guyub tidak ada perpecahan,”

Sekda Kota Semarang, Agus Riyanto.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Kamis, 18 April 2019 17:31

Merdeka.com, Semarang - Kota Semarang tergolong berhasil dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Apalagi tingkat partisipasi masyarakat meningkat dari Pemilu sebelumnya. Hal tersebut disampaikan Sekda Kota Semarang, Agus Riyanto, Kamis (18/4).

Agus mengatakan, tingkat partisipasi pemilu di Kota Semarang mencapai 80 persen. “Yang terpenting berjalannya pesta demokrasi di Kota Semarang ini, lancar dan damai. Meski ada beberapa kendala seperti surat suara DPRD yang tertukar di Kelurahan Kembangarum, tapi bisa diselesaikan,” ujarnya.

Agus menerangkan, jumlah partisipasi masyarakat pada gelaran Pemilu 2019 ini meningkat dibanding gelaran Pilgub beberapa waktu lalu. Di mana pada Pilgub lalu, tingkat partisipasi masyarakat hanya sekitar 70 persen.

Menurutnya, salah satu cara mendongkrak suara yang dilakukan yakni melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya. “Ini sebagai salah satu cara kita untuk menekan angka Golput, dan memang bisa meningkatkan partisipasi masyarakat,” imbuhnya.

Agus menyampaikan, secara keseluruhan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kota Semarang cukup sukses. Dia berharap, setelah ini masyarakat tetap menjaga situasi tetap kondusif dan guyub antar warga meski sebelumnya sempat berbeda pilihan. “Pemilu sudah selesai, tinggal kita menunggu pengumuman dari KPU. Saya berharap masyarakat tetap rukun dan guyub tidak ada perpecahan,” tandasnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA