1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Rabu besok, api abadi Asian Games akan diarak lintasi Kota Semarang

"Silakan masyarakat datang meramaikan, sebagai wujud dukungan kepada atlet-atlet kita yang akan berjuang di ajang itu,"

Logo Asian Games 2018. Logo/www.asiangames2018.id. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Selasa, 17 Juli 2018 16:50

Merdeka.com, Semarang - Ajang pesta olah raga 4 tahunan sekali negara-negara Asia yakni Asian Games ke-18  akan berlangsung di Indonesia tepatnya di Kota Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus sampai dengan 2 September mendatang. Mengawali rangkaian event tersebut, akan diselenggarakan arak-arakan api obor Asian Games (Torch Relay Asian Games 2018) yang diambil langsung dari Api Abadi Mrapen Kabupaten Grobogan.

Salah satu kota yang dilalui oleh arak-arakan Api Abadi Asian Games adalah Kota Semarang. Rencananya, arak-arakan akan berlangsung pada Rabu (18/7) di Halaman Balai Kota Semarang tepat pukul 10.00WIB.

Rencananya Ibu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani akan melepas rombongan pembawa api dari Mrapen ke Semarang.  Api akan disimpan di dalam tinderbox dibawa oleh mantan petenis nasional Indonesia, Yustejo Tarik ke Kota Semarang.

Setelah sampai di Kota Semarang, api obor akan diarak dari depan Kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Jalan Ahmad Yani menuju Simpang Lima. Di RRI, api akan diserahkan dari Yustejo Tarik kepada mantan atlet tenis Indonesia, Yayuk Basuki untuk diarak menuju Balai Kota Semarang dengan menyusuri Jalan Gajahmada.

Setibanya di balai kota, Yayuk Basuki menyerahkan api obor Asian Games kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Selanjutnya, wali kota akan menyerahkan kepada Yustejo Tarik untuk dibawa ke Prambanan guna dikawinkan dengan api dari India.

Meramaikan prosesi tersebut, di Balai Kota Semarang akan diadakan berbagai macam atraksi berupa drumband, bela diri, barongsai, dan lain-lain.

Plt Kabag Humas dan Protokol Kota Semarang, Agus Joko Triyono menjelaskan bahwa selama berlangsungnya prosesi arak-arakan api obor Asian Games, Jalan Ahmad Yani depan RRI sampai Simpang Lima ditutup sementara mulai pukul 09.30-11.00 WIB. “Kepada warga masyarakat yang akan melintasi Jalan Ahmad Yani, kami imbau untuk sementara waktu mencari jalur alternatif yang lain," katanya.

Agus juga mengajak warga Kota Semarang untuk ikut meramaikan dengan menyaksikan prosesi arak-arakan api obor Asian Games di halaman Balai Kota Semarang. "Silakan masyarakat datang meramaikan, sebagai wujud dukungan kepada atlet-atlet kita yang akan berjuang di ajang itu," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Olahraga
  3. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA