1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Siswa asal Afghanistan tertarik kuliah di Unissula

"Mereka diajak ke berbagai perguruan tinggi untuk melihat prospek pendidikan dan peluang beasiswa..."

Para siswa internasional dari Afghanistan berfoto bersama dalam kunjungan pendidikan di kampus Unissula. Foto/Humas Unissula. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 23 Oktober 2018 16:44

Merdeka.com, Semarang - Sebanyak 38 siswa asal Afghanistan menyatakan tertarik untuk dapat kuliah di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Hal itu disampaikan oleh pimpinan rombongan dari Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Amanah Kendal saat melakukan kunjungan pendidikan ke Unissula, Selasa (23/10).

Dalam rombongan tersebut selain diikuti oleh santri domestik juga diikuti ke-38 siswa asal Afghanistan yang tengah mengikuti short course di Ponpes Darul Amanah. Rombongan diterima langsung oleh Wakil Rektor III Unissula Muhammad Qomaruddin.

Keberadaan 38 siswa asal negeri para Mullah di Ponpes Darul Amanah tersebut atas prakarsa Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla melalui kerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI). "Para siswa setingkat SMA asal Afghanistan ini selama tiga bulan di Ponpes Darul Amanah mulai 28 September sampai dengan 28 Desember 2018 menempuh short course," kata Mufti Haris.

Masih menurut Mufti Haris, keberadaan mereka di Indonesia untuk belajar di Indonesia mengenai kebudayaan, kerukunan, keberagaman, toleransi beragama, dan damai dalam multikulturalisme. Selain itu mereka juga diajak berkunjung ke perguruan tinggi di Tanah Air, salah satunya di Unissula sebagai persiapan studi lanjutan setelah mereka lulus pada pendidikan setingkat SMA.

"Mereka diajak ke berbagai perguruan tinggi untuk melihat prospek pendidikan dan peluang beasiswa sebagai persiapan pendidikan setelah mereka lulus dari pendidikan di tingkat SMA," papar Mufti seperti dikutip dari release Humas Unissula.

Sementara itu, Muhammad Qomaruddin menyambut baik keinginan tersebut dan menyatakan Unissula siap menyambut mereka jika berkeinginan kuliah di Unissula. Dari 11 Fakultas yang dimiliki Unissula, siap menerima mahasiswa internasional dari berbagai negara sesuai prosedur selama ini yang telah berjalan. "Saat ini Unissula juga menerima mahasiswa internasional dari Belanda dan Thailand," katanya.

Melalui jaringan pendidikan internasional yang dimiliki, setiap tahunnya Unissula juga mengirimkan mahasiswa dan dosen dalam bentuk student exchange dan staff exchange untuk kuliah di universitas mitra di luar negeri seperti di Dongseo University Korea, Rotterdam University Belanda serta universitas universitas terkemuka di Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand dan masih banyak yang lainnya.

(NS)
  1. Peristiwa
  2. Pendidikan
KOMENTAR ANDA