1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Tandatangani MoU, Wali Kota Hendi ingin Kedungsepur maju bersama

"Yang ada saat ini adalah saling berkolaborasi untuk bisa tumbuh dan berkembang bersama-sama. Caranya adalah menjali sinergi yang baik..."

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menandatangani MoU kerjasama dengan daerah-daerah sekitar Semarang yang dikenal dengan sebutan Kedungsepur, Selasa (10/4). ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Selasa, 10 April 2018 12:15

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menjalin kerjasama dengan daerah-daerah lain di sekitar Semarang yakni Kendal, Demak, Salatiga, Kabupaten Semarang dan Grobogan atau yang dikenal dengan Kedungsepur. Kerjasama itu dilakukan untuk menjalin sinergitas antar daerah dalam pembangunan wilayah-wilayah itu.

Penandatanganan MoU kerjasama dilakukan di Balai Kota Semarang, Selasa (10/4). Hadir dalam kesempatan itu Bupati Kendal, Mirna Annisa dan perwakilan daerah lain Kedungsepur.

"Ada banyak hal yang dapat dikerjasamakan dengan daerah-daerah lain di sekitar Semarang yang dikenal dengan Kedungsepur ini. Namun tiga hal yang kami fokuskan yakni kerjasama di sektor pariwisata, kesehatan dan transportasi," kata Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi ini.

Lebih lanjut Hendi menerangkan, kerjasama antar daerah itu sangat penting untuk kemajuan daerah masing-masing. Sebab menurutnya, suatu daerah tidak akan maju tanpa ditopang daerah lain di sekitarnya.

"Jakarta misalnya, tidak akan maju tanpa bantuan Tangerang, Bekasi, Bogor dan sekitarnya. Begitu juga Kota Semarang, tidak akan bisa maju tanpa bantuan daerah sekitarnya ini," tegasnya.

Melalui kerjasama itu, Hendi ingin semua daerah Kedungsepur dapat maju bersama-sama. Dia menegaskan, saat ini sudah tidak zamannya lagi berkompetisi antar kepala daerah.

"Yang ada saat ini adalah saling berkolaborasi untuk bisa tumbuh dan berkembang bersama-sama. Caranya adalah menjali sinergi yang baik antar kepala daerah," tambahnya.

Beberapa kerjasama, lanjut Hendi, sudah dilakukan dengan sejumlah daerah di sekitar Semarang. Misalnya kerjasama di bidang transportasi, sudah terjalin antara Semarang dengan Kendal dan Semarang dengan Kabupaten Semarang.

"Ke depan dalam waktu dekat kami akan melakukan kerjasama di bidang transportasi dengan Kabupaten Demak. Selain transportasi, kami juga akan bekerjasama dalam proyek tol laut Semarang-Demak yang segera dibangun oleh pemerintah pusat," ujarnya.

Selain itu, kerjasama di bidang promosi pariwisata. juga sudah terjalin dengan baik. Selama ini, masing-masing daerah sering mempromosikan pariwisata daerah lain di Kedungsepur.

"Misalnya saya, tidak malu promosi bahwa kalau ke Semarang bisa berkunjung ke Candi Gedongsongo, Pantai Cahaya Sikucing, Karimunjawa dan lainnya. Meski tidak berada di Semarang, namun objek-objek wisata itu dekat dengan Semarang," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan jika kerjasama tersebut sangat baik dalam menunjang pembangunan di daerahnya.

"Semarang Raya atau Kedungsepur ini memiliki banyak potensi. Jadi dengan adanya kolaborasi ini tentu akan memudahkan masing-masing daerah berkembang bersama dan maju bersama-sama," kata dia.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA