1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Tiga bayi Harimau Benggala lahir, koleksi satwa di Bonbin Mangkang bertambah

"Semuanya berjenis kelamin betina. Sekarang usianya sebulan. Mereka sedang dirawat intensif oleh tim,”

Satu dari tiga anak Harimau Benggala sedang dimandikan oleh petugas Bonbin Mangkang Semarang.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Kamis, 05 Juli 2018 16:51

Merdeka.com, Semarang - Ada kabar gembira bagi warga Kota Semarang. Taman Margasatwa Kota Semarang atau yang dikenal dengan Kebun Binatang (Bonbin) Mangkang memiliki penghuni baru. Bertambahnya penghuni baru di Bonbin tersebut setelah Harimau Benggala di tempat itu melahirkan tiga anak harimau yang lucu dan menggemaskan. Sebentar lagi, masyarakat dapat bermain dan berfoto dengan tiga bayi harimau yang imut itu.

Direktur Utama PT Taman Margasatwa Mangkang Semarang, Samsul Bahri Siregar, mengungkapkan jika tiga bayi Harimau Benggala telah lahir dengan selamat. Mereka lahir pada 2 Juni lalu. "Semuanya berjenis kelamin betina. Sekarang usianya sebulan. Mereka sedang dirawat intensif oleh tim,” kata dia.

Samsul menambahkan, ketiga bayi harimau itu masih mendapat perawatan intensif termasuk dimandikan setiap hari oleh pawang. Tujuannya, agar kebersihan bayi harimau tetap terjaga. “Setelah itu, baru dikembalikan ke induknya agar bisa tumbuh alami dengan asupan susu induknya,” imbuhnya.

Samsul menyebutkan, tiga bayi Harimau Benggala itu lahir dari induk Harimau Benggala pasangan ‘Kliwon’ dan ‘Manis’. Dengan adanya tiga bayi harimau itu, dia optimistis akan menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung kebun binatang. “Kondisi induk dan anak-anaknya dalam keadaan sehat. Mereka sementara dipisahkan ke sebuah kandang khusus di sebuah ruangan. Nanti kalau sudah waktunya tepat, mereka akan dikumpulkan kembali dengan induknya,” terangnya.

Dengan bertambahnya tiga anak harimau itu, maka saat ini jumlah koleksi Harimau Benggala di Bonbin Mangkang menjadi 15 ekor. Harimau Benggala dewasa berjumlah 10 ekor sementara 5 ekor masih anak-anak. Kelahiran tiga bayi harimau tersebut disambut antusias oleh masyarakat.

Mereka yang mendengar kabar itu mengaku senang karena koleksi Bonbin Mangkang semakin bertambah. "Selain itu, kelahiran tiga anak harimau ini bukti bahwa proses perlindungan terhadap satwa yang dilindungi telah berhasil di Bonbin Mangkang Kota Semarang ini. Semoga tiga bayi itu terus sehat dan bisa tumbuh dewasa agar keberadaan Harimau Benggala akan terus lestari," kata Dian Nurhidayah, 25, salah seorang pengunjung Bonbin Mangkang Semarang.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Peristiwa
  2. Ragam
KOMENTAR ANDA