1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Wali Kota Hendi antar Kota Semarang jadi Kota Layak Pemuda tahun 2018

“Capaian positif ini merupakan wujud sinergitas dari seluruh stakeholder yang memiliki kepedulian terhadap kemajuan pemuda di Kota Semarang."

Pj Sekda Kota Semarang, Agus Riyanto menerima piagam penghargaan Kota Semarang sebagai Kota Layak Pemuda yang diserahkan Menpora, Imam Nahrawi di Jakarta, Senin (29/10).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Selasa, 30 Oktober 2018 17:34

Merdeka.com, Semarang - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun ini terasa istimewa bagi Kota Semarang. Bagaimana tidak, Kota Semarang dinobatkan sebagai Kota Layak Pemuda tahun 2018 kategori tertinggi, yaitu kategori utama.

Anugerah diserahkan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi kepada Pemerintah Kota Semarang yang diwakili Pj. Sekda Kota Semarang, Agus Riyanto di Balai Samodra, Jakarta, Senin (29/10).

“Capaian positif ini merupakan wujud sinergitas dari seluruh stakeholder yang memiliki kepedulian terhadap kemajuan pemuda di Kota Semarang. Untuk itu, Saya mewakili Pemerintah Kota Semarang mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan kontribusinya sehingga tahun ini Kota Semarang dinobatkan sebagai Kota Layak Pemuda Kategori Tertinggi atau Utama," ujar Agus usai menerima penghargaan.

Dia berharap, prestasi yang sudah diraih ini akan memotivasi seluruh masyarakat khususnya pemuda di Kota Semarang untuk terus berkarya guna memajukan Kota Semarang Agar menjadi lebih baik dan semakin hebat.

Capaian yang diraih Kota Semarang ini tidak lepas dari komitmen dan tingginya kepedulian Wali Kota Hendrar Prihadi terhadap pembinaan pemuda melalui jalur Organisasi Kepemudaan seperti Karang Taruna, KNPI, dan Organisasi Kepemudaan lainnya.

Sebagai salah satu tokoh pemuda, Hendi sapaan akrab Wali Kota juga berupaya untuk menanamkan jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan kepada para pemuda dengan menggandeng HIPMI guna memberikan pendampingan kepada para pemuda yang menggeluti usaha.

Tidak hanya itu saja, Hendi pun memfasilitasi berbagai aktivitas kepemudaan, seperti contohnya loop arena di GOR Tri Lomba Juang untuk memberi ruang bagi pemuda yang gemar olah raga Basket, Skateboard, sepeda BMX.

Sementara untuk memfasilitasi pelaku start up muda yang memiliki kreativitas, pihaknya menyediakan Semarang Digital Kreatif di Kota Lama dan juga menyediakan ruang Pusat Informasi Publik (PIP) di Balai Kota Semarang bagi masyarakat termasuk anak-anak muda yang ingin mengakses berbagai informasi terkait Kota Semarang secara gratis.

Untuk melindungi dan meminimalisir bullying dan juga kekerasan terhadap perempuan serta anak-anak yang merupakan generasi muda, Hendi juga telah mendirikan Rumah Duta Revolusi Mental yang merupakan bentuk kerja sama Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Seruni, PKK dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang.

Sementara itu, Menpora menyampaikan bahwa penganugerahan ini merupakan upaya pihak Kemenpora dalam mengapresiasi dan mendukung kontribusi yang telah diberikan para pemuda untuk bangsa dan negara.

“Saya berharap, dengan adanya anugerah ini bisa merangsang pemuda lainnya untuk berbuat karya nyata yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan negara,” kata Imam.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
  3. Penghargaan
KOMENTAR ANDA