1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Wali Kota Hendi: Peran wanita penting bagi pembangunan kota

"Melalui program-program kerja, DWP diharapkan dapat melakukan kegiatan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat..."

Ketua PKK Kota Semarang Tia Hendrar Prihadi saat menghadiri serah terima jabatan Ketua Antar Waktu Dharma Wanita Persatuan Kota Semarang Masa Bhakti 2014-2019. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Selasa, 20 Maret 2018 17:48

Merdeka.com, Semarang - Peran wanita sangat penting bagi pembangunan sebuah kota. Untuk itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meminta Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Semarang berperan aktif dalam pembangunan kota dan tidak menjadi organisasi wanita yang ekslusif.

Hal itu diungkapkan wali kota yang akrab disapa Hendi ini pada acara Serah Terima Jabatan Ketua Antar Waktu Dharma Wanita Persatuan Kota Semarang Masa Bhakti 2014-2019, di Hall Balai Kota, Selasa (20/3).

“Pembangunan Kota Semarang membutuhkan peran wanita. Maksudnya, para anggota DWP bersama dengan Tim Penggerak PKK, organisasi wanita lainnya, dan masyarakat untuk melakukan sinkronisasi kegiatan riil untuk membantu pembangunan Kota Semarang,” ujarnya didampingi ketua PKK Kota Semarang Tia Hendrar Prihadi.

Menurut Hendi, saat ini masih banyak persoalan yang membutuhkan peran wanita. Seperti adanya bias gender, kemiskinan, dan pengangguran. Pihaknya meminta kader-kader Dharma Wanita Persatuan untuk dapat bergerak bersama memberi dorongan serta edukasi agar dapat menurunkan angka kemiskinan bahkan KDRT di sekitar kita.

“Korban kekerasan biasanya perempuan dan anak karena secara fisik perempuan dan anak lebih lemah dari pada laki-laki. Angkanya bahkan mencapai 40%. Ini yang harusnya dapat menjadi target pembangunan di lingkungan masing-masing agar dapat bergerak bersama-sama untuk menurunkan angka kekerasan dalam rumah tangga,” tambahnya.

Selain itu, lanjut dia, berdasarkan data dari Bappeda Kota Semarang, angka kemiskinan di Kota Semarang mencapai 4,5% atau sebanyak 70.000 warga. "Melalui program-program kerja, DWP diharapkan dapat melakukan kegiatan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti bedah rumah atau pelatihan usaha," tegasnya.

Saat ini Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Semarang dijabat oleh Ny. Agus Riyanto yang sebelumnya dijabat oleh Ny. Asih Adi Trihananto. 

Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Tengah DR. Rini Budihastuti Sri Puryono, menyebutkan, sebagai Aparatur Sipil Negara harus siap ditugaskan di mana saja, untuk itu konsekuensinya sebagai istri ASN juga harus cepat menyesuaikan diri di lingkungan yang baru.

“Yang jelas kita harus bisa memperkuat peran perempuan melalui karya dengan bersikap profesional sesuai potensi dan kemampuan yang dimiliki sehingga dapat mendukung visi dan misi Dharma Wanita Persatuan,” pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
KOMENTAR ANDA