1. HOME
  2. KOMUNITAS

Tak hanya garang, pitbull ternyata bisa dilatih agar berprestasi

"Selama ini masyarakat menilai pitbull itu anjing galak, garang dan menyeramkan. Padahal jika dilatih dengan baik, anjing ini dapat berprestasi,"

©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Minggu, 28 Januari 2018 20:01

Merdeka.com, Semarang - Ratusan pecinta anjing jenis Pitbull berkumpul di lapangan Mapolrestabes Kota Semarang, Minggu (28/1). Dengan membawa anjing kesayangan masing-masing, mereka begitu antusias mengikuti aneka perlombaan yang digelar dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-5 Dynasty Of Pitbull Semarang (DOPS).

Anjing-anjing yang terkenal sangar karena berbadan kekar dan berwajah garang itu ternyata begitu lincah saat mengikuti berbagai lomba yang digelar. Satu persatu anjing saling menunjukan keterampilan seperti melompat dengan ketinggian (spring pool) dan mendaki (vertical climb).

"Kegiatan ini kami gelar dalam rangka ulang tahun ke-5 DOPS, kami sengaja mengundang teman-teman pecinta pitbull dari berbagai daerah untuk hadir memeriahkan, sekaligus menggelar perlombaan," kata Ketua Panitia, Harly Tanisiwa Pranatan.

Harly menerangkan, tujuan lomba tersebut adalah untuk ajang silaturahmi para pecinta pitbull di Indonesia. Selain itu, juga untuk melihat sejauh mana peningkatan anjing-anjing kesayangan dalam latihan ketangkasan.

"Jadi untuk melihat para atlet kami (anjing) dalam mengikuti tahapan latihan selama ini ada kemajuan atau tidak. Karena akan sangat menyenangkan jika anjing kesayangan menjadi juara setelah proses latihan yang dilakukan," tambahnya.

Sebanyak 74 anjing saling adu ketangkasan dalam event itu. Tak hanya dari Semarang, namun peserta datang dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Bogor, Solo, Jogja, Surabaya dan kota besar lainnya. "Untuk pemenang kami berikan hadiah uang tunai, trophy dan piagam," tegasnya.

Harly menambahkan, pihaknya akan terus menggelar event tersebut. Selain untuk ajang silaturahmi para pecinta pitbull, ajang itu juga digelar sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat mengenai anjing pitbull.

"Selama ini masyarakat menilai pitbull itu anjing galak, garang dan menyeramkan. Padahal jika dilatih dengan baik, anjing ini dapat berprestasi," bebernya.

Salah satu peserta, Lim Bunbun, 36, mengaku senang diundang oleh DOPS untuk mengikuti acara itu. Dia sengaja datang dari Bogor untuk hadir ke Kota Semarang. "Ini ajang bagus untuk saling bertemu kawan dan juga melihat perkembangan anjing kesayangan untuk bersaing dalam perlombaan yang digelar," kata dia.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Peristiwa
KOMENTAR ANDA