1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Gerakkan partai koalisi, Hendi targetkan 70% suara Semarang untuk Ganjar-Yasin

"Saya optimistis pasangan calon Ganjar-Yasin akan meraih 70% suara di Kota Semarang,"

Rapat koordinasi tim pemenangan Kota Semarang. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Minggu, 25 Maret 2018 19:06

Merdeka.com, Semarang - Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi siap menggerakkan semua partai koalisi untuk memenangkan pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur (Cagub dan Cawagub) Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Taj Yasin. Ditargetkan, sebesar 70% suara di Kota Semarang akan diperoleh pasangan nomor urut 1 tersebut.

Hal itu disampaikan Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, saat menyelenggarakan pertemuan antar partai pengusung di Hotel Ciputra Semarang, DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Minggu (25/3).

Selain PDI Perjuangan, hadir juga dalam kegiatan rapat koordinasi tersebut, perwakilan Partai Golkar, Partai Demokrat, PPP, dan Partai NasDem. Dalam pertemuan yang dilakukan secara tertutup tersebut,  memaparkan sejumlah analisa politik untuk memenangkan pasangan calon nomor urut 1 tersebut di Jawa Tengah, khususnya di Kota Semarang. "Saya optimistis pasangan calon Ganjar-Yasin akan meraih 70% suara di Kota Semarang," kata Hendi.

Hal tersebut disampaikannya dengan menghitung bahwa pada pilgub tahun 2013, Ganjar yang saat itu berstatus sebagai penantang saja sudah dapat meraih 51,26% suara di Kota Semarang. "Padahal waktu pilgub tahun 2013 itu, hanya PDI Perjuangan yang mengusung, dan jumlah kursi di dewan pun hanya 9 kurs. Untuk itu, kami optimistis pada Pilgub Jateng 2018 dapat meraih suara 70% di Kota Semarang," terangnya.

Sebab, lanjut dia, saat ini pihaknya mempunyai modal yang lebih besar, yaitu dengan 15 kursi PDI Perjuangan dari Pileg 2014. Belum lagi ditambah dengan jumlah kursi koalisi partai pengusung lain, maka total punya modal 29 kursi.

"29 kursi tersebut jumlah suaranya adalah hampir 460 ribu pemilih, yang kalau dihitung dengan jumlah suara sah di pilgub sebelumnya, maka persentasenya sebesar 72% suara. Untuk itu, ini menjadi modal besar bagi kami. Tantangannya, adalah bagaiaman suara tersebut bisa tetap bulat hingga hari pencoblosan," ungkapnya.

Sementara itu Ketua DPD II Partai Golkar Kota Semarang, Petit Widiatmoko mengatakan bahwa Partai Golkar menarget sekitar 70 ribu suara untuk Ganjar-Yasin di Kota Semarang. "Minimal mempertahankan suara Golkar di Pileg 2014 sebesar 57 ribu suara di Kota Semarang, namun target kami bisa berkontribusi sekitar 70 ribu suara yang kita upayakan dengan membentuk kader hingga ke tingkat RT," jelas Petit.

Hal senada disampaikan Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Semarang, Danur Rispriyanto. Dia mengatakan akan memulai mensosialisasikan Ganjar-Yasin melalui garis partai sampai ke tingkat bawah. "Termasuk juga organisasi sayap seperti Perempuan Demokrat," tutur Danur.

Tak hanya Partai Demokrat, mengoptimalkan peran organisasi sayap juga menjadi cara Partai Nasional Demokrat untuk memenangkan pasangan Ganjar-Yasin. "Kita ada Garda Pemuda, ada Garnita, ada Liga Mahasiswa juga yang akan kita kolaborasikan untuk pemenangan pak Ganjar," tutur Ketua DPD Partai NasDem Kota Semarang, Ridwan Pangestu.

Di sisi lain Ketua DPC PPP Kota Semarang, M Tafrikan menyatakan bahwa selain dari partai dan organisasi sayap, basis massa idiologi juga akan berperan besar. "PPP Kota Semarang memiliki Forum Ulama Ka'bah yang di dalamnya ada 200 Kyai di Kota Semarang dengan dukungan Pondok Pesantren dan Majelis Taklim," kata dia.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Politik
KOMENTAR ANDA