1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Jadi Wisata Religi, Hendi Bangun Makam Habib Thoha bin Yahya

"Adanya makam Habib Thoha bin Yahya ini menjadi sebuah kebanggaan, sebab Kota Semarang dapat menjadi bagian dalam sejarah trah leluhur habib..."

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama Habib Luthfi saat menghadiri haul Habib Thoha bin Yahya di Semarang, belum lama ini.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Kamis, 17 Januari 2019 17:29

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) terus menggenjot pengembangan pariwisata. Tak hanya wisata alam, Hendi juga mengembangkan potensi wisata religi yang ada di Kota Lunpia.

Selama tiga tahun terakhir, Kota Semarang memang tak ada habis-habisnya mengenalkan objek wisata baru. Mulai dari wilayah perkampungan sampai infrastruktur umum yang semula tak memiliki daya tarik, dikemas ulang untuk menarik kunjungan wisata Kota Semarang.

Upaya inventarisasi dan eksplorasi potensi perkotaan menjadi kunci sukses Kota Semarang, hingga mampu menjadi kota wisata terbaik ke-4 di Indonesia, pada ajang Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018.

Potensi wisata religi juga menjadi hal yang terus digali oleh Hendi. Dirinya meyakini jika peningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Semarang dapat semakin ditingkatkan melalui eksplorasi sejumlah objek wisata religi, di mana sebelumnya belum dikenal.

Salah satunya adalah makam Habib Thoha bin Yahya yang berada di kawasan Depok, Kota Semarang. Untuk itu, Hendi bersama jajarannya secara khusus hadir, dalam kegiatan peletakan batu pertama pembangunan makam Habib Thoha bin Yahya bersama Habib Luthfi, selaku ahli waris, baru-baru ini.

Sebelumnya, Hendi bersama Pemkot Semarang juga telah terlibat dalam pengembangan makam Habib Hasan bin Thoha bin Yahya sebagai wisata religi di Lamper Kidul, Kota Semarang. "Adanya makam Habib Thoha bin Yahya ini menjadi sebuah kebanggaan, sebab Kota Semarang dapat menjadi bagian dalam sejarah trah leluhur habib di Indonesia," ucapnya.

Hari ini, lanjut Hendi, masyarakat Kota Semarang dapat menjadi saksi bahwa ada leluhur Habib Luthfi di Kota Semarang, satu di Jalan Duku Lamper Kidul, dan di daerah Depok Semarang ini. "Semoga Kota Semarang mendapatkan berkahnya. Mari kita berdoa bersama, mudah-mudahan makam Habib Thoha bin Yahya ini bisa segera tuntas, menjadi tempat yang baik, sebagai trah petilasan Bangsa Indonesia," imbuhnya.

Di sisi lain, Habib Luthfi menegaskan jika makam Habib Thoha bin Yahya di Kota Semarang menjadi milik seluruh masyarakat. "Memang selaku keturunan adalah milik kami, tapi secara ketokohan secara keulamaan adalah milik seluruhnya warga Kota Semarang. Beliau Habib Thoha merupakan menantu Hamengkubuwono pertama, sedangkan putranya Habib Hasan adalah menantu Hamengkubuwono kedua. Beliau berdomisili di Semarang memiliki suatu padepokan, yang kemudian disebut Depok," cerita Habib Luthfi singkat tentang sejarah Habib Thoha bin Yahya di Kota Semarang dalam acara haul, belum lama ini.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA