1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Hendi Janji Fasilitasi Musisi Lokal Go Nasional

"Agar musisi yang ada di Kota Semarang ini minimal eksistensinya bisa juga sejajar dengan musisi-musisi nasional,"

Wali Kota Semarang menunjukkan kebolehannya menyanyi dalam sebuah acara di Kota Semarang, belum lama ini.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Jum'at, 18 Januari 2019 17:59

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi terus berupaya mengangkat nama Kota Semarang hingga ke lingkup nasional bahkan internasional. Dalam upayanya mendorong perubahan wajah kota melalui berbagai pembangunan fisik serta penyelenggaraan berbagai event, pengembangan produk kesenian juga diharapkan dapat mampu meningkatkan daya saing Kota Semarang.

Salah satunya adalah dengan memberikan dukungan kepada musisi Kota Semarang agar dapat lebih dikenal. Wali kota yang akrab disapa Hendi itu menegaskan, musisi-musisi di Kota Semarang dapat menjadi mitra strategis pemerintah, guna mendorong laju ekonomi di Kota Semarang.

Lebih dari sebuah karya seni, dirinya meyakini jika kreativitas musisi adalah sebuah soft power yang dapat meningkatkan perputaran ekonomi di kota yang dipimpinnya itu.

Lebih detail Hendi mencontohkan, dari pengamatannya terkait event-event musik di Kota Semarang, daya tariknya rata-rata masih bergantung pada artis dari ibu kota. "Agak sulit juga ketika kami mendorong agar konten lokal lebih ditonjolkan. Tetapi di satu sisi, konten lokal yang ada sekarang sendiri belum bisa menjadi daya tarik untuk mengundang penonton yang banyak," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang untuk memberi perhatian khusus kepada para musisi lokal. "Agar musisi yang ada di Kota Semarang ini minimal eksistensinya bisa juga sejajar dengan musisi-musisi nasional," tukasnya.

Dirinya mengatakan, ada sebuah kasus penyanyi nasional terkenal karena menyanyikan ulang lagu band lokal Semarang. Namun masyarakat tidak tahu tentang itu. "Sehingga ketika penyanyi aslinya manggung, penontonnya tidak begitu banyak. Tetapi ketika artis nasional ini manggung di Semarang, yang nonton sampai membludak, padahal yang punya lagu aslinya justru orang Semarang," cerita Hendi.

Terkait hal itu, Kepala Bidang Kesenian Disbudpar Kota Semarang, Agus Joko Triyono menuturkan sedang merintis berbagai kerja sama dengan pihak swasta untuk memfasilitasi musisi lokal kota Semarang go nasional. Melalui kerja sama itu, diharapkan musisi Semarang punya ruang yang lebih luas untuk dapat dikenal di tingkat nasional.

"Kerja sama itu antara lain dengan provider seluler untuk memfasilitasi pembuatan RBT (Ring Back Tone), kanal khusus Semarang di platform musik digital, sampai sinergitas dengan pekerja event di tingkat nasional," jelasnya.

Dalam waktu dekat, lanjut dia, Pemkot Semarang akan menjadwalkan pertemuan dengan teman-teman musisi di Kota Semarang. "Tujuanya untuk merumuskan rencana publisitas strategis yang dapat diupayakan," bebernya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA