1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Puncak musim hujan diprediksi terjadi hingga pertengahan Februari

"Jadi harus diwaspadai, berbagai bencana bisa terjadi seperti banjir, angin puting beliung, pohon tumbang, longsor dan sebagainya,"

Ilustrasi musim hujan. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Minggu, 04 Februari 2018 13:54

Merdeka.com, Semarang - Intensitas hujan ringan hingga sedang akan terus terjadi di Kota Semarang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan akan mengguyur kota ini pada siang hingga malam saat puncak musim hujan ini.

"Saat ini sudah masuk puncak musim hujan, diprakirakan kondisi seperti ini akan terjadi sampai pertengahan Februari," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Jawa Tengah Lis Widya Harmoko di Semarang, Minggu (4/1).

Menurut Harmoko, saat puncak ini hujan diperkirakan turun pada siang hingga malam. Selain di Semarang, Harmoko menuturkan puncak musim hujan merata di seluruh wilayah Jawa Tengah. "Oleh karena itu, kami meminta masyarakat mewaspadai meningkatnya intensitas hujan pada beberapa waktu terakhir ini," tambah dia.

Harmoko mengungkapkan, peringatan tentang peningkatan intensitas hujan telah disampaikan secara berkala oleh BMKG di seluruh wilayah. Hal itu dilakukan agar masyarakat selalu waspada dengan kemungkinan bencana yang terjadi di musim seperti ini. "Kami juga mengeluarkan peringatan jika diprakirakan akan terjadi curah hujan dengan intensitas tinggi," katanya.

Dalam peringatan yang disampaikan, BMKG juga menjelaskan perkiraan lamanya durasi hujan yang akan terjadi. "Jadi harus diwaspadai, berbagai bencana bisa terjadi seperti banjir, angin puting beliung, pohon tumbang, longsor dan sebagainya," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Peristiwa
KOMENTAR ANDA