1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Tak ingin jadi sekadar tempat kumpul, Hendi inisiasi bentuk Koperasi Forum Dasa Wisma

"Ini ide yang sangat luar biasa dan unik bagaimana kelompok terkecil kemudian disolidkan,"

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang Tia Hendrar Prihadi menandatangani surat keputusan pembentukan Forum Silaturahmi Dasawisma Kecamatan se-Kota Semarang disaksikan Wali Kota Hendi. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Senin, 04 Juni 2018 18:47

Merdeka.com, Semarang - Tim Penggerak PKK Kota Semarang membentuk Forum Silaturahmi Dasa Wisma Kecamatan se-Kota Semarang. Pengurus forum tersebut dikukuhkan secara langsung oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi di Ruang Lokakrida lantai 8 Kompleks Balai Kota Semarang, Senin (4/6).

Dalam kesempatan itu, wali kota yang akrab disapa Hendi ini mengapresiasi terbentuknya forum tersebut. Sebab, forum ini dapat membantu Kota Semarang untuk memajukan terutama kaum perempuannya dalam hal kesejahteraan, kesehatan, dan lain-lain.

"Ini ide yang sangat luar biasa dan unik bagaimana kelompok terkecil kemudian disolidkan, dibuat sebuah pelatihan atau pembekalan untuk mereka terus tumbuh berkembang. Sehingga, dari lapis atas sampai lapis bawah benar-benar bersepakat membantu Semarang untuk menjadi lebih baik lebih hebat," kata dia.

Peran PKK, lanjut dia, sudah sangat luar biasa. Hal itu bisa dilihat dari sisi prestasinya setiap tahun mulai tingkat provinsi hingga pusat sering dapat penghargaan. Selain itu, dari sisi faktual di lapangan, PKK banyak membantu terutama kaum ibu di Kota Semarang. “Seperti pemberian pemahaman supaya Angka Kematian Ibu dan Anak tidak tinggi, pemberian sosialisasi tentang upaya penanganan demam berdarah dalam konteks dini, dan seterusnya,” terangnya.

Pada kesempatan itu pula, Hendi berpesan agar forum ini tidak sekadar kumpulan ibu-ibu saja. Melainkan ada satu sisi yang bisa ditumbuhkembangkan dari sana. Yakni potensi ekonomi dengan membuat sebuah Koperasi Dasa Wisma.

“Di Kota Semarang tercatat ada 21.000 kelompok Dasa Wisma. Kalau buat koperasi, misal semuanya ikut simpanan wajibnya Rp 100.000 itu artinya panjenengan sudah punya dana Rp 200 miliar. Jika ini kemudian dikelola secara profesional dan proporsional untuk kesejahteraan anggotanya, maka hal itu akan membantu memajukan Kota Semarang,” paparnya.

Sementara Ketua Forum Silaturahmi Dasa Wisma Kota Semarang, Tia Hendrar Prihadi yang tidak lain adalah istri orang nomor satu di Kota Semarang itu menjelaskan, dibentuknya forum ini mempunyai fungsi sebagai tempat untuk merekatkan komunitas Dasa Wisma yang ada di Kota Semarang. Selain itu, forum ini juga penting untuk tempat pengarahan-pengarahan supaya lebih mampu menjalankan kegiatan seperti apa yang telah diinstruksikan dari TP PKK pusat.

Pihaknya berharap agar setelah pembentukan ini ada kegiatan-kegiatan Forum Dasa Wisma untuk peningkatan potensi yang ada di dalamnya. “Bisa dalam bentuk pelatihan, sosialisasi atau kegiatan-kegiatan lain yang tujuannya adalah meningkatkan ekonomi keluarga tetapi juga ada dari sisi kesehatannya melalui PSN," teran dia.

Tia juga berharap forum tersebut dapat membantu pencatatan kependudukan yang riil. Sehingga nantinya akan menjadi salah satu masukan Pemerintah Kota Semarang untuk menentukan kebijakan-kebijakan pembangunan.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA