1. HOME
  2. KULINER

Nikmatnya soto ayam Pak Man, gurihnya bikin ketagihan

"Rasanya gurih, kaldu ayamnya beda dengan soto-soto yang ada di tempat lain,"

Soto ayam Pak Man. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Senin, 25 Juni 2018 16:22

Merdeka.com, Semarang - Kenikmatan kuliner di Kota Semarang sudah tidak dapat diragukan lagi. Hal inilah yang membuat kota ini dikenal sebagai surga bagi pecinta kuliner. Aneka kuliner khas Kota Semarang sudah melegenda akan kenikmatannya. Salah satunya adalah soto ayam khas Semarang Pak Man.

Ya, soto ayam satu ini memang menjadi primadona bagi pecinta makanan berkuah gurih satu ini. Tak ayal, soto ayam Pak Man menjadi langganan para wisatawan saat bersantai di Kota ATLAS.

Para pejabat penting serta artis di negeri ini juga kerap mampir untuk sekadar mencecap nikmatnya soto khas Kota Semarang ini. Terbaru, Presiden Joko Widodo juga mengawali kegiatan di Kota Semarang beberapa waktu lalu dengan sarapan di warung soto Pak Man.

Seperti kebanyakan soto lainnya, soto Pak Man berisi nasi putih, bihun, suwiran daging ayam, daun bawang, bawang goreng, irisan tomat serta disiram dengan kuah kaldu ayam panas yang sedap. Bedanya dengan soto lain, kuah yang digunakan di tempat ini tampak bening namun gurih.

Satu mangkuk soto ayam tentunya akan semakin nikmat jika disantap dengan berbagai lauk pauk pelengkap yang tersedia. Mulai dari aneka gorengan seperti keripik tempe, tahu bakso, tahu goreng, kerupuk serta aneka sate siap di meja masing-masing.

Untuk harganya, soto ayam pak Man dibanderol dengan harga Rp 16.000 satu porsinya. Cukup murah untuk soto yang kenikmatannya sudah sudah melegenda.

"Rasanya gurih, kaldu ayamnya beda dengan soto-soto yang ada di tempat lain," kata Shinta, 34, salah satu pengunjung asal Jakarta, Minggu (24/6).

Shinta mengaku bahwa dia adalah pecinta soto. Di berbagai tempat yang dia kunjungi, kuliner yang selalu diburu adalah soto khas daerah tersebut.

"Dan soto ayam pak Man ini menurut saya yang paling enak, selain itu harganya juga bersahabat," terangnya.

Menurut Ima, salah satu karyawan di soto ayam Pak Man, warung soto Pak Man memiliki sejumlah cabang di Kota Semarang.

"Diantaranya di Jalan Purwosari Raya Semarang, Jalan Telogosari Raya, Jalan Pamularsih Raya dan Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudak Payung," kata dia.

Di Pamularsih, warung soto ayam Pak Man buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB dan tutup pada pukul 19.00 WIB. Namun biasanya, pada saat jam-jam tertentu seperti sarapan, lokasi itu selalu penuh pelanggan.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Ragam
KOMENTAR ANDA