1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Banyak dikunjungi tamu, Pemkot sediakan Semarang Kreatif Galeri di balai kota

"Semarang Kreatif Galeri kami buat untuk memfasilitasi produk-produk unggulan dari UMKM Kota Semarang."

Salah satu pengunjung melihat koleksi Semarang Kreatif Galeri di Balaikota Semarang, Kamis (8/3).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Kamis, 08 Maret 2018 15:51

Merdeka.com, Semarang - Kunjungan tamu yang tinggi di lingkungan Balai Kota Semarang dimanfaatkan oleh Dinas Koperasi dan UMKM untuk membuka Semarang Kreatif Galeri. Di tempat itu, sejumlah barang produk asli Kota Semarang dipajangkan, mulai pernak-pernik, asesoris hingga batik khas Semarangan.

Semarang Kreatif Galeri ini terletak di lantai dasar Gedung Moch Ichsan Balai Kota Semarang. Letaknya yang berada di samping lift membuat pengunjung yang akan naik ke lantai dua hingga delapan selalu mampir untuk melihat bahkan memborong pernak-pernik itu.

"Semarang Kreatif Galeri kami buat untuk memfasilitasi produk-produk unggulan dari UMKM Kota Semarang. Ini bagian dari keberpihakan Pemkot Semarang terhadap UMKM yang ada," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Litani Setyawati, Kamis (8/3).

Litani menerangkan, pihaknya sengaja membuat galeri di Balaikota karena tingkat kunjungan tamu ke lokasi itu cukup tinggi. Selain itu, target pemasaran juga kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di sana. "Jadi semua UMKM dapat memanfaatkan fasilitas tersebut secara gratis, syaratnya usahanya harus terdaftar dengan dibuktikan kepemilikan IUMK," katanya.

Selain itu, kata dia, produk yang dipamerkan juga harus memiliki kriteria khusus, seperti kualitas produk baik, unik, berkualitas dan harganya bersaing. Semarang Kreatif Galeri, lanjut Litani, buka setiap hari kerja, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. "Saat ini sudah ada ratusan produk yang kami pajang, dengan harga mulai belasan ribu hingga jutaan rupiah," paparnya.

Sementara itu, salah satu tamu yang berkunjung ke Balaikota Semarang, Nurfida, 26, mengaku tertarik dengan keberadaan galeri itu. Menurutnya, produk-produk yang dipajang berkualitas baik dan harganya juga tidak terlalu mahal. "Saya sedang mengurus izin, saya tertarik dengan galeri ini dan melihat-lihat. Ternyata barangnya bagus-bagus dan harganya juga relatif murah untuk hasil kerajinan yang unik ini," kata dia.

Dia berharap keberadaan Semarang Kreatif Galeri ini tetap dipertahankan dan diperbanyak koleksinya. "Semakin banyak koleksi, maka akan semakin banyak pilihan bagi pengunjung seperti saya ini," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Ragam
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA