1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Naik Si Kenang, Kenalkan Transportasi Umum Pada Anak Usia Dini

"Pengenalan pada transportasi umum ini dilakukan agar mereka ke depan mau menggunakan transportasi umum,"

Puluhan siswa dari PAUD Taman Belia Candi Kota Semarang diajak berkeliling Kota Semarang dengan menaiki Si Kenang.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Jum'at, 15 Maret 2019 16:38

Merdeka.com, Semarang - Wajah Faeyza Putra Aryatama tampak sumringah ketika melihat bus double decker berwarna merah yakni Si Kenang. Bagaimana tidak, siswa dari Pendidkan Anak Usa Dini (Paud) Taman Belia Candi Kota Semarang ini, mengaku jika menaiki Si Kenang adalah pengalaman pertamanya.

"Busnya besar ya, tingkat. Pasti bisa melihat pemandangan dari dalam sana," ujarnya polos.

Faeyza tidak sendirian, dia bersama 52 siswa lainnya memang diajak untuk menikmati bus wisata yang dimiliki Pemkot Semarang itu atas inisiasi dari Dinas Perhubungan Kota Semarang dan BLU Trans Semarang untuk mengenalkan transportasi umum kepada anak-anak usia dini.

Dengan rapi, para anak-anak ini kemudian dipersilakan naik Si Kenang. Berangkat dari Halaman Museum Ronggowarsito Semarang, bus berwana merah ini mengajak anak-anak melintasi beberapa tempat wisata di Kota Semarang, seperti, Kota Lama, Lawang Sewu, Simpang Lima, Kampung Pelangi dan Klenteng Sam Poo Kong.

"Anak-anak memang sengaja dikenalkan untuk naik angkutan umum. Sekarang Semarang punya transportasi yang nyaman, murah dan aman yakni (BRT) Trans Semarang," kata salah satu guru, Bunda Citra.

Saat ini, kata dia, generasi muda bisa dibilang kurang meminati transportasi umum. Kebanyakan dari mereka lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk berangkat sekolah, sehingga kerap membuat kemacetan.

"Pengenalan pada transportasi umum ini dilakukan agar mereka ke depan mau menggunakan transportasi umum," tambahnya.

Sementara itu, Kepala BLU Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan mengatakan jika saat ini minat masyarakat untuk menggunakan Trans Semarang cukup tinggi, termasuk pelajar yang jumlahnya mengalami kenaikan setiap tahunnya.

"Kurun waktu dua tahun terakhir, jumlah pelajar yang menggunakan Trans Semarang mengalami kenaikan yang cukup signifikan," katanya.

Dari data yang ada, pada tahun 2017 lalu jumlahnya mencapai 2.583.880 pelajar. Sedangkan pada tahun 2018 jumlahnya naik menjadi 3.144.032 pelajar, dan data pada Januari dan Februari tahun 2019 masing-masing berjumlah 310.321 dan 284.773 orang pelajar.

"Bagi pelajar, dikenakan tarif khusus yakni Rp1.000. Sementara untuk masyarakat umum Rp3.500, harapan kami moda transportasi bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan pelajar," paparnya.

Sampai akhir Maret ini, lanjut Ade, juga ada tarif khusus bagi pengguna Trans Semarang jika melakukan pembayaran non tunai menggunakan Go-Pay, yakni potongan tarif sebesar 50 persen.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pendidikan
KOMENTAR ANDA