1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Pemerataan pembangunan, Wali Kota Hendi gandeng semua pihak

"Dengan pembangunan jalan dan jembatan tersebut, saya berkeyakinan hal itu mampu semakin membuka aksesibilitas suatu daerah..."

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat memimpin upacara Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Rabu (4/4).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Rabu, 04 April 2018 16:54

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang terus mengajak semua instansi untuk bergerak bersama dalam memeratakan pembangunan. Terbaru, wali kota yang akrab disapa Hendi ini mengajak Kodim 0733 BS Semarang memperbaiki sejumlah sarana prasarana dan fasilitas umum di Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Upaya perbaikan tersebut dilakukan melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang mulai dilaksanakan pada tanggal 5 April 2018 hingga 3 Mei 2018 mendatang.

Dalam program TNI Manunggal Membangun Desa itu, Wali Kota Hendi bersama Kodim 0733 BS Semarang fokus mengerjakan rehab untuk sepuluh rumah tidak layak huni, pembangunan Jembatan Tlumpak, pengaspalan jalan, pembangunan saluran di Jalan Tlumpak, serta pemasangan instalasi air bersih untuk fasilitas ibadah.

Dalam kesempatan tersebut, Hendi secara khusus menyampaikan apresiasinya kepada Kodim 0733 BS Semarang yang mau berpartisipasi dalam membangun Kota Semarang.

“Pelaksanaan program TMMD Tahap I yang meliputi pembangunan infrastruktur dan sosial sangat diharapkan mampu memberikan dampak pada peningkatakan hidup masyarakat," kata Hendi, Rabu (4/4).

Hendi menerangkan, peningkatan roda perekonomian serta peningkatan kesehatan lingkungan merupakan hal utama terciptanya gerakan masyarakat hidup sehat.

Dia menegaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmennya untuk terus mengejar pemerataan pembangunan agar seluruh wilayah dapat semakin maju dan mandiri. Salah satunya fokus untuk menyediakan fasilitas publik yang semakin baik, serta jalan dan jembatan yang semakin memadai.

"Dengan pembangunan jalan dan jembatan tersebut, saya berkeyakinan hal itu mampu semakin membuka aksesibilitas suatu daerah agar lebih mudah berkembang," terang dia.

Hendi menambahkan, pihaknya siap menggelontorkan APBD dalam rangka percepatan pembangunan agar seluruh wilayah di kota Semarang dapat nyaman dihuni oleh warganya. "Ke depan, kami targetkan jalan tidak ada yang rusak, wilayah bebas banjir, dan lain sebagainya," tuturnya.

Namun, lanju dia, di sisi lain diakuinya jika yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang tidak dapat maksimal jika elemen yang lainnya tidak ikut berpartisipasi.

"Maka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ini adalah salah satu representasi dari konsep pembangunan bergerak bersama yang sedang dilakukan," pungkasnya.

Pembukaan kegiata TNI Manunggal Membangun Desa sendiri pagi itu ditandai dengan penyerahan alat kerja dan penabuhan kentongan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Acara kemudian dilanjutkan penandatanganan naskah penyerahan program TMMD oleh Wali Kota Semarang dan Dandim 0733 BS Semarang, Letkol Inf M Taufiq Zega.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA