1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Pemkot Semarang Terima Penghargaan Internasional di Berlin

"Namun ini bukan pencapaian, karena pencapaian sebenarnya adalah kesejahteraan masyarakat dari output yang dihasilkan oleh Pemkot Semarang,"

Delegasi penerima penghargaan Quality Choice oleh ESQR.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Selasa, 16 Juli 2019 22:34

Merdeka.com, Semarang - Upaya Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam melakukan pembenahan di tubuh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berbuah manis. Keberhasilannya meningkatkan kinerja pemerintah serta pelayanan publik mendapat pengakuan dari dunia internasional.

Kali ini, apresiasi datang dari European Society for Quality Research (ESQR), sebuah lembaga riset kualitas manajemen yang berbasis di Swiss. Melalui ajang "Quality Choice 2019" di Berlin, Jerman baru-baru ini, ESQR menobatkan Pemkot Semarang sebagai yang terbaik dalam inisiasi strategi manajemen organisasi.

Pada ajang tersebut, Pemkot Semarang menjadi satu-satunya organisasi pemerintah kota di dunia yang mendapatkan penilaian kategori emas. Sebelumnya, penghargaan yang sama diterima oleh Pemerintah Kota Wildpoldsried, Jerman dan Pemerintah Kota Amstetten, Austria.

Tak hanya kepada pemerintah kota, setiap tahunnya ESQR juga memberikan penghargaan serupa pada berbagai organisasi, baik di dunia pendidikan maupun swasta seperti University of Ferrara (Italia), BMW Group (Jerman), hingga Daikin (Jepang).

Penghargaan yang diberikan kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi itu diwakili oleh Kepala Bidang Pajak Daerah Pemkot Semarang Elly Asmara dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkot Semarang Hernowo Budi Luhur. Penghargaan diserahkan langsung oleh Michael Harris, selaku Senior Advisor dari ESQR.

Hendrar Prihadi selaku Wali Kota Semarang mengaku senang atas penghargaan yang diberikan kepada Pemkot Semarang tersebut. Namun, pria yang akrab disapa Henddi tersebut menegaskan bahwa penghargaan internasional tersebut hanya akan menjadi sebuah tolok ukur, bukan pencapaian.

"Dalam kapasitas, apakah sistem manajerial yang diterapkan di Pemkot Semarang sudah benar? Adanya penilaian dari ESQR pasti menjadi penting. Namun ini bukan pencapaian, karena pencapaian sebenarnya adalah kesejahteraan masyarakat dari output yang dihasilkan oleh Pemkot Semarang," tegasnya.

Di sisi lain, Hendi pun meyakinkan bahwa Pemkot Semarang akan terus berusaha mengupayakan perbaikan kinerja yang berorientasi pada kepuasan masyarakat. "Masih banyak PR pastinya ke depan. Harapan saya, penghargaan ini juga menjadi pelecut semangat sedulur-sedulur di Pemerintah Kota Semarang untuk bekerja lebih baik lagi," paparnya.

Penghargaan Quality Choice sendiri setiap tahunnya diselenggarakan oleh ESQR untuk memberi pengakuan kepada perusahaan, organisasi, administrasi publik yang telah menunjukkan keberhasilan luar biasa dalam manajemen mutu. Tak hanya itu, ESQR juga menitikberatkan penilaiannya pada upaya memaksimalkan potensi penuh layanan melalui praktik orientasi kualitas.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
  2. Penghargaan
KOMENTAR ANDA